Kembar Identik dan Non-Identik

Jenis bayi kembar terbagi dua, yaitu kembar identik dan kembar tidak identik (fraternal). Kembar identik terjadi jika satu sel telur dibuahi satu sel sperma dan membelah menjadi dua. Dua embrio yang dihasilkan ini selalu berjenis kelamin sama dan identik. Keduanya mengandung materi genetik yang sama sehingga disebut sebagai monozigot.

Pada kembar identik, si janin kembar akan berbagi plasenta tapi mempunyai tali pusat dan umumnya kantung ketuban yang berbeda. Resiko kematian sangat besar bagi kembar identik, karenanya sang ibu harus rajin ke dokter untuk memonitor bayinya πŸ™‚

Sedangkan kembar tidak identik berasal dari dua sel telur berbeda yang dibuahi dua sel sperma secara bersamaan menjadi dua embrio yang kemudian tertanam dan berkembang. Si kembar bisa berbeda rupa dan mungkin juga berbeda jenis kelaminnya. Kembar tidak identik mempunyai plasenta, tali pusat, dan kantung ketuban yang berbeda.

Jika pasangan memiliki riwayat keturunan kembar, maka sangat besar kemungkinannya untuk memiliki bayi kembar. saya sendiri punya keturunan kembar dari keluarga ibu, begitupula suami saya juga punya keturunan kembar (hahah…makanya gak heran kalo langsung dua ya:)
Tapi, seorang teman saya yang tidak memiliki keturunan bayi kembar sama sekali (suaminya juga tidak) alhamdulillah mendapat bayi kembar. so, memang semuanya tergantung takdir Allah ya πŸ˜‰

deteksi bayi kembar sudah dapat dilakukan pada kehamilan minggu ke-10 hingga ke-14. pengalaman saya, sewaktu udah berumur tiga bulan, dokter sudah dapat mendeteksi kalau bayi kami kembar. namun masalah jenis kelaminnya, baru jelas semua di bulan kelima.

berikut ini istilah kedokteran untuk kelahiran multiple atau kembar:
kembar dua: twin/gemelli
kembar tiga: triplet
kembar empat: quadruplet
kembar lima: quintiplet,….dst
kembar identik: monozigotik/ uniovular/homolog
kembar tidak identik: multizigotik/fraternal/multiovular/heterolog
kembar siam: kembar dempet/ pagus

dirangkum dari berbagai sumber terpercaya

Iklan

20 respons untuk β€˜Kembar Identik dan Non-Identik’

Add yours

  1. alhamdulillah saya sudah tau kl saya hamil kembar pada usia kehamilan 6minggu saja! tp waktu saya usg 4minggu malah belum terlihat apa2. tapi tau kalo itu kembar identik atau tidak darimana ya? apa hanya dokter yg bisa nilai? janin saya beda kantong, tp tdk tau identik atau tidak. wah.. saya senang skali baca blog ini, isinya tentang kembar semua:)

    Suka

  2. wah, selamat ya bu nina, mndpt bayi kembar itu spesial loh^^

    iya, cara mengetahuinya lwt USg, entar dokter beritahu kita apa yg terbaca di monitor USG^^

    rajin2 aja cerewet ama dokternya^^

    Suka

  3. saya melahirkan kembar non identik 2 kali secara berturut2, tapi sebelumnya ada si sulung laki2 10 tahun, jadi jumlahnya ada 4, kembar pertama 4,5 taun, kembar kedua 1taun 2 bulan,,,,,mukanya ga ada yg sama apalagi prilakunya…cuma ada satu yang sama…ngerepotinyaaa…ha ha ha…tapi Allah maha pengasih…walaupun keluarga kami pas2 an, tapi anak2 kami Allhamdulillah tidak kelaparan,,,big thanks to Allah

    Suka

    1. alhamdulillah, buu, ikut senang. pasti repot sekali punya bayi kembar beruntun hahah. tapi bahagianya juga berkali2 lipat:P

      Suka

  4. calon bayi saya insyaAllah kembar, tetapi kembar non identik. hasil usg terakhir siy jenis kelaminnya laki – laki dan perempuan (jadi, insyaAllah komplit, sepasang). tapi sewaktu saya dan suami tau pertama kali tentang calon bayi kita kembar, saya berdua kaget. subhanallah, benar – benar kuasa Allah atas segalanya, karena dari keluarga saya dan keluarga suami saya tidak mempunyai keturunan kembar. jadi, kita berdua sekarang bisa mencetak sejarah baru dikeluarga saya dan suami saya dengan insyaAllah memiliki keturunan kembar. πŸ™‚

    Suka

  5. alhamdulillah saya juga lagi hamil kembar, usia kehamilan sekarang 33 minggu..baru di ketahui janin kembar skitar 2bulanan..bayi saya 2 kantung ketuban 1 plasenta…apa itu yang di sebut kembar identik ya? apa semua hamil kembar emang lebih baik di lahirkan dengan operasi cesar ya? makasih mom atas jawabannya…

    Suka

    1. selamat bu, bayi anda bakal kembar identik. pasti seru sekali:)
      nggak mesti cesar, malah lbh bagus lahir normal/ cuman resiko keselamatan bayi kembar emang lbh aman kalo operasi, bu πŸ™‚

      Suka

  6. Alhamduillah saya saat umur 42 tahun masih diberi amanat oleh Allah untuk mengandung, mungkin karena anak2 saya sebelumnya putra semua. Insya allah akan mendapatkan bayi kembar tidak identik pula, semoga cewek. amiin, Ketika tahu kembar saya terkejut krn tidak ada keturunan kembar baik dari keluarga suami maupun saya. Tahu kembar stlh sy periksa ke dokter ketika umur kandungan 6 minggu.

    Suka

  7. Salam kenal..
    Istri Sy saat ini sedang hamil usia 11w. Dan telah dilakukan USG 2D terlihat dua janin. Dokter blm dapat memastikan kehamilan istri sy identik atau bukan identik.
    Perlukah sy melakukan USG 4D untuk melihat kehamilan kembar tersebut identik atau tidak? Dan untuk vitamin apakah perlu ada penambahan lebih banyak dibandingkan kehamilan tunggal?
    Mohon sarannya..
    Terima kasih.

    Suka

    1. saya kira ga perlu soalnya nanti klo udah masuk 4 bulan akan ketahuan juga:) dan lagi, USG 4 D itu lbh mahal.

      saya cuma dikasih vitamin penambah darah dan kalsium. silakan konsul ke dokternya aja utk vitaminnya.

      Suka

  8. alhamdulillah sy jg skrg ini sedang hamil kembar identik,usia kandungan 5 bulan, bayi saya hanya py 1 placenta,alhamdilllah sema bayi saya sehat dang lengkap… harus sering2 kontrol

    Suka

  9. o iya utk usg yg 4D itu usia kandungan harus diatas 5 bln, biaya sekitar 500 rb,utk vitamin sya dulu dikasi vitamin utk syaraf n tulang belakang bayi,otak,penambah darah dan multivitamin jg kalsium, mgkn masing2 dokter berbeda penangannya ya … saran sy banyak banyaklah tanya dan kolsultasi dg dokter saat sdg kontrol.. semoga semua yg sdg mengandung diberi kelancaran dan kesehatan ya untuk mama n baby nya… salam

    Suka

  10. Senang yah kalo hamil dan ternyata janinnya kembar… Alhamdulillah kehamilan pertama saya usianya 7 bulan dan hasil USG sewaktu 8 mingguan ketahuan kalo saya hamil kembar… Awalnya saya dan suami kaget dan sangat bahagia karena diantara keluarga kami tidak ada yang keturunan kembar… Tapi kata dokter kehamilan kembar saya bukan kebetulan, pasti karena faktor turunan. Usut punya usut ternyata memang ada turunan kembar dari ayah saya, hanya saja kembaran ayah saya meninggal pas lahir. Secara pribadi saya tidak mengalami trauma atas apa yang menimpa kembaran ayah saya terjadi pada calon bayi kembar saya nantinya sebab saya terus berdoa semoga nantinya Si Kembar akan lahir sehat, selamat dan normal. Disamping itu hasil USG Si kembar keduanya berjenis kelamin perempuan, dan kata teman, kerabat dan dokter yang biasa saya konsul bahwa harapan hidup bayi kembar perempuan lebih besar daripada laki-laki. Tapi bagi bunda yang kehamilannya kembar laki-laki jangan takut yah… Sebagai Calon Ibu tentunya kita berharap besar akan kehidupan calon bayi kita yang akan lahir mempunyai umur yang panjang dan yakinlah bahwa kitalah wanita yang dipilih ALLAH untuk dikasih anak kembar karena Dia yakin kita dapat menjaga, merawat dan bertanggung jawab mendidik anak-anak kita dengan baik.
    Jaga kesehatannya yah bunda dan teruslah berdoa… Aamiin…

    Suka

  11. saya berumur 32 tahun, saat ini saya sudah dikaruniai 1 orang anak perempuan berusia 4 tahun, dan anak laki laki berusia 14 bulan. dan saat ini saya sedang mengandung bayi kembar laki laki 32 w, punya 1 placenta dan 2 kantong, apa ini identik? tapi memang rasanya menakjubkan dan capek yang menurut saya luar biasa karena masih tetap bekerja dan mengurus rumah tangga. saya senang sekali membaca blog ini. mudah mudahan tetap diberi kemudahan y oleh Allah dalam mengemban amanah ini…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: