3 Aktivitas Favorit Keluarga Si Kembar

Saya belum pernah sih bertanya ke si kembar, kegiatan selama homeschooling apa yang paling mereka suka. Kalo pelajaran, Azka paling suka sejarah dan bahasa, sedangkan Ahda matematika/logika. Sampai detik ini aktivitas yang mereka lakukan lebih banyak ke pengembangan kreativitas dan lifeskill. Lebih byk "main" (tepatnya fun learning) ketimbang aktivitas kognitif. Tapi seiring bertambahnya usia mereka, pola aktivitasnya semakin... Continue Reading →

Iklan

Tips Traveling Keluarga [Resume Kulwap]

Tema Kulwap : Traveling Keluarga Judul Materi: Tips Traveling Bersama Keluarga Narasumber : Ade Hady (digital scientist, ibu homeschooler, traveler @Rumah Jelajah) Berikut beberapa tips traveling menyenangkan, berdasarkan pengalaman Bunda Ade yang sempat disharing bersama member Grup Parenting Mayyadah, tanggal 13 Maret 2018 kemarin: Siapkan waktu ngobrol bersama anak sebelum perjalanan seperti diskusi tentang persiapan... Continue Reading →

Diari Hs: Berkunjung ke Pabrik Tahu

Salah satu rencana lokasi karyawisata/study tour sikembar adalah berkunjung ke pabrik tahu. Awalnya kegiatan ini akan jadi weekend class, tapi ternyata dua pekan ini saya selalu terhambat oleh acara/kegiatan lain. Akhirnya saya sempatkan untuk mencuri waktu di hari kantor, kebetulan saya gak mengajar (nasib jadi buruh ya begini hiks). Pagi-pagi saya dan sikembar meluncur dengan... Continue Reading →

Belajar Storytelling

Sejak kecil kami selalu menjadikan "bercerita" sebagai pengantar sebelum tidur sikembar. Kadang pula saat sikembar sedang "down" atau "jenuh" menghapal Qur'an, Babanya akan bercerita sebagai selingan sebelum mereka lanjut menghapal lagi. Saat mereka menginjak umur 9, perlahan-lahan mereka jarang banget meminta kami bercerita sebelum tidur. Mungkin karena mereka merasa sudah mampu memahami saat membaca cerita2... Continue Reading →

Aku Menulis maka Aku Ada

Kalo dihitung-hitung, perjalanan menulis saya sudah hampir 20 tahun. Blog ini saja sudah ada sejak tahun 2009. (Di situ kadang saya merasa sudah tua haha). Saya tlah jatuh cinta pada dunia pena ini sejak SD. Awalnya cuma berani nulis di buku harian, pas masuk pesantren mulai bikin tulisan di mading sekolah dan ikut lomba menulis.... Continue Reading →

Belajar Membuat Klipping

Membuat klipping di zaman saya masih berseragam merah putih cukup ribet. Waktu itu belum ada internet atau komputer dan printer. Sepulang sekolah berburu koran bekas atau majalah-majalah tua di jalan2 hingga rumah teman2. Pernah juga minjam ke perpus dan diam-diam kertas yg ada artikelnya dirobek kwkwkwk. Trus setelah itu ditempel pake lem agung atau lem... Continue Reading →

[Diy Craft] Perahu dari Botol Sampo/Sabun Bekas

Udah lama yaa saya gak posting tentang craftingnya sikembar. Kepikiran gak bekas wadah sabun cair atau sampo bisa dimanfaatkan jadi mainan anak-anak? Saya mendapat ide dari youtubenya CRAFT ID, di mana botol sabun bekasnya bisa disulap jadi perahu yg lucu:) Bahan yang diperlukan: Wadah sampo atau sabun cair. Yang bagus itu klo bagian bawahnya rata... Continue Reading →

Belajar dari Sekolah Finlandia

Sebenarnya udah lama pengen meresume buku inspiratif ini, tapi baru sekarang bisa mendapat waktu yg tenang utk blogging 😀 Buku ini berjudul "Teach Like Finland: Mengajar Seperti Finlandia" karya Timothy D. Walker, diterjemahkan dan diterbitkan oleh Grasindo. Jadi buku ini bercerita pengalaman Pak Walker yang awalnya ia ngajar di Amrik, tapi krn suatu hal, ia... Continue Reading →

Diari Hs: Jalan-Jalan ke Taman Bakau

Taman bakau (mangrove) yang kami kunjungi terletak di luar kota Palu. Lokasinya sebelum masuk kota Donggala. Waktu itu saya mengajak keluarga lain, ada sahabat yang kebetulan punya kendaraan dan anak-anaknya hampir seumuran sikembar. Jalan-jalan kali ini jadinya lebih ramai 🙂 Karena taman bakau ini masih baru (diresmikan dua bulan yang lalu klo gak salah), tempatnya... Continue Reading →

Blog di WordPress.com.

Atas ↑