Identik, Tapi Beratnya Beda?

Baru2 ini seorang teman saya melahirkan bayinya yang pertama. Kembar identik! Tapi bukan laki2 seperti anak saya, dia mendapatkan dua bayi perempuan yg cantik ๐Ÿ™‚ Namun teman saya sedih juga pas tahu kalau bayi kembarnya prematur dan berat badannya keduanya di bawah normal. Saya sedikit terkejut saat mendengar kalo bayinya identik, tapi berat badannya berbeda-beda. Bayi yg satu 2,3 kg, terus yg satunya lagi 1,6 kg. Otomatis harus dimasukin ke inkubator dulu sampai berat badannya memenuhi standar yaitu 2,5 kg.

Setahu saya, yang namanya kembar identik itu semuanya akan sama. Mulai dari jenis kelamin sampai bentuk wajah juga sama. Namun ternyata, setelah saya baca-baca informasi di media, tak sedikit bayikembar identik mengalami perbedaan berat badan. Apa sebabnya?
em_1864

Dokter yang menangani teman saya itu mengatakan kalau kedua janin mengalami penyerapan makanan yg berbeda. Bayi yang satu bisa jadi lebih kuat menyerap nutrisi dari darah ibu dibanding bayi kedua. Seperti yang kita ketahui, plasenta pada kembar identik cuma satu atau tunggal yang bercabang ke kedua janin, berbeda dgn non-identik, plasenta atau saluran makanannya memang ada dua. Selama di dalam rahim, kedua janin memperoleh nutrisi dari ibu, yang diserap dan dialirkan melalui plasenta ini.

Banyak hal yang dapat membuat bayi di dalam kandungan akan berkurang penyerapan makannnya. Stress misalnya, membuat oksigenisasi menyempit sehingga perkembangan janin terganggu. Apalagi dalam kasus bayi kembar, dibutuhkan nutrisi lebih dan mampu mencukupi kedua bayi di dalam kandungan. Selain itu, nafsu makan ibu yang up-down juga sangat berpengaruh terhadap bayi karena pola makan ibu erat kaitannya dengan pola penyerapan janin.

Resiko kematian juga sering terjadi pada bayi kembar identik. Karena plasenta dan kantung ketuban hanya satu, sedangkan kedua bayi harus berbagi, bisa saja menyebabkan kematian salah satu bayi. Ternyata dalam kandungan, kedua bayi mengalami persaingan yang bahkan menimbulkan dominasi janin yang satu terhadap janin yang lain. Plasenta tunggal pun harus ekstra keras memberi asupan kepada dua janin sekaligus. Ah, ini membuat saya bersyukur, karena anak saya bisa lahir dengan berat normal, beratnya sama lagi! Sikembar Azka dan Ahda lahir dgn berat 2,5 kg:) Sungguh kuasa Sang Pencipta!

Jadi, bagi ibu2 yang sedang hamil bayi kembar, apalgi bayi kembar identik, sebaiknya lebih berhati-hati agar bayi yang lahir kelak bisa memenuhi berat standar dan tidak mengalami cacat fisik ๐Ÿ™‚

Iklan

20 respons untuk โ€˜Identik, Tapi Beratnya Beda?โ€™

Add yours

  1. Salam kenal!!
    TFS… kebetulan saya lagi hamil kembar dan mengalami kejadian seperti ini. Sedih juga begitu hasil USGnya gitu tapi saya berusaha untuk ga stres dan positive thinking. Masih ada waktu untuk ‘gendutin’ janin ๐Ÿ™‚

    Suka

    1. salam kenal juga bunda:)
      selamat atas bayi kembarnya

      iya, dont worry, krn msh dlm proses pertumbuhan kok ๐Ÿ™‚

      Suka

  2. Hi lagi mbak, sekarang di Makassar to? Di mana tepatnya? Saya juga tinggal di Mks.
    Eniwei saya akhirnya melahirkan si kembar 24 hari setelah saya komen di atas. Yup, janin saya mengalami yg worse case, salah satu dari mereka (yang kecil) akhirnya ga bertahan ๐Ÿ˜ฆ Jadi saya sekarang merawat si kembar yang masih hidup.

    Suka

    1. turut berduka cita ๐Ÿ˜ฆ
      iya, saya di barru tepatnya. jarang ke mksar. klo di mksr rumahnya di mamoa belakang uin

      Suka

  3. Tips mengatasinya bagaimana? Memungkinkan untuk menaikkan berat badan si janin yang lebih kecil dengan treatment seperti apa mbak? Thanks

    Suka

    1. asupan terbaik tetap ASI. tapi jika memasuki usia 6 bulan ke atas, berikan makanan tambahan. sebaikx jgn yg instan, usahakan bikin bubur sdri yg lbh fresh dan lgkap gizix. intix adlh mengontrol pola makan anak, jgn sampe rewel malas makan ya. seiring pertambahan usia, bayi kecil anda akan dgn cepat mengejar ketertinggalannya;)

      Suka

      1. asi bisa diberikan setelah bayi lahir, jika diketahui masih usia kehamilan bagaimana tips nya untuk menyeimbangkan berat janin?

        Suka

      2. kalo diketahui sblm persalinan, maka lbh baik lagi krn akan lbh byk persiapan:) kmrn dokter saya menganjurkan meminum susu kalsium tinggi 2 kali sehari, ditambah minum vitamin yg sesuai dosis dokter. makanan juga hrus seimbang, variasi daging dan protein tinggi sgt penting. selain itu, tidur secukupnya akan membantu menambah pergerakan BB janin anda:)

        Suka

  4. Wah subhanallah seneng dan merasa beruntung bgt bisa ketemu blognya mba maya, alhamdulillah skrg aku jg lg hamil kembar, kt dokter dr hasil usg, janin kembar aku insya allah laki2 semua…^^ sm ky azka ahda:) mba maya, klo melahirkan bayi kembar memangnya harus di RS dan g boleh di bidan ya??

    Suka

  5. Sekarang saya lg hamil kembar 31W, BB janin 1 1.3, BB janin 2 900gr. bedanya jauh ya.. minta tipsnya dong supaya nanti bisa lahir dengan BB normal

    Suka

  6. Met sore… mau sharing dunk.. klu bayi kembar identik.. dalam kandungan berat badan nya 2.1 sm 1.7.. apakah ada resiko nya buat persalinan nya nanti

    Suka

    1. klo bayi beratnya di bawah 2,5 kg, maka resikonya dia harus diinkubator bun. Biaya inkubator cukup mahal, selain itu sangat sulit utk menerima ASI dari ibunya

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: