3 Aktivitas Favorit Keluarga Si Kembar

Saya belum pernah sih bertanya ke si kembar, kegiatan selama homeschooling apa yang paling mereka suka. Kalo pelajaran, Azka paling suka sejarah dan bahasa, sedangkan Ahda matematika/logika. Sampai detik ini aktivitas yang mereka lakukan lebih banyak ke pengembangan kreativitas dan lifeskill. Lebih byk “main” (tepatnya fun learning) ketimbang aktivitas kognitif. Tapi seiring bertambahnya usia mereka, pola aktivitasnya semakin serius dan detail/kompleks.

Kalo saya pribadi, kalo disuruh milih, so far ada 3 kegiatan favorit yang biasa kami lakukan bersama si kembar. Langsung aja, cekidot:

Favorit 1: Masak Bareng/ Cooking Class

Dunia perdapuran dan segala isinya sejujurnya bukan “daerah jajahan” saya. Saya bukan tipe ibu2 yang suka masak2, lebih suka makan2 hahaha. Dulu wkt msh gadis, saya lebih milih nyuci piring dua baskom ketimbang disuruh masak :p Tapi karena si kembar suka banget diajak main dapur, akhirnya saya jd rajin masak. Bye bye kemalasan yang hakiki kwkwk.

Menurut saya, aktivitas masak-masak bersama anak itu bisa dibilang nilai plusnya banyak banget. Hampir semua sisi keterampilan ada di kegiatan ini. Mau ngelatih sensory anak, imajinasi dan kreasi, kemandirian, kelincahan, kerja sama, kebersihan, pengetahuan bahan pangan, dll, bisa didapatkan anak lewat memasak. Memasak bareng anak itu serunya klo pas kita udah lapar, mau cepet2 beres, tapi anak-anak msh rebutan motong sayur haha.

Favorit 2: Nonton Bareng 

Lebih tepatnya mantengin hape bareng kali yee 😀 Soalnya bukan cuma pas nonton aja, tapi sampe buka instagram dan youtube. Paling sering kita nonton timeline instagram liat video-video dari yang berfaedah sampe yg unfaedah ala anak2 alay kwkwkw. Biasanya saya meminta pendapat mereka dan saya jelasin bahwa realitas dunia sekarang memang semakin “alay”. Lucu juga klo mendgr pendapat2 dan komen2 mereka ttg isu2 atau berita2 kekinian.

Kalo nonton film, paling byk animasi atau dokumenter. Oh ya, sbg catatan, klo nonton bareng itu pasti ada yg udah jatuh mendengkur sebelum film selesai (dan dia adalah satu-satunya pria berjanggut di antara kita :p) Kadang juga pas saya nonton film korea, sikembar tiba-tiba nyelip kiri dan kanan saya, datang tanpa diundang.

Khusus film2 yang mendadak terselip adegan romantis, sikembar itu udah otomatis loh nutup muka atau lari terbirit-birit. “Sudahmi mama? sudah boleh saya nonton lagi mama?” teriak mereka dari tempat persembunyian. Mereka juga sebelas dua belas dg saya, penakut klo lihat yg horor. Di situlah letak seni menonton bareng.

Favorit Terakhir: Kerja Bakti/Weekly Chores

Dilema pengen masukin belanja atau jalan2 bareng sebagai aktivitas keluarga favorit. Tapi yg lebih sering dan hampir selalu penuh “drama” ya kegiatan satu ini: beres-beres bareng seminggu sekali. Kerja Bakti mingguan ini simpelnya adalah bersih-bersih rumah yang “lebih mendalam” ketimbang daily chores. Contohnya kayak beresin taman dan pekarangan, beresin kulkas dan isinya, melipat pakaian yg sdh ditumpuk 5 hari kwkwk, lap-lap jendela dan rak, dll.

Letak dramanya itu ketika komando nyonya panglima tidak satu frekuensi dg komando tuan panglima, akhirnya dua pasukan ciliknya bingung mau kerja yg mana kwkw. Mamanya teriak minta tolong diangkatkan air buat isi tank hidroponik, ehh si Baba manggil sikmbar nyikat toilet. Kadang juga saya udah semangat 45 mengawali pagi, tiba2 anak-anak pada tidur pagi bareng si Baba ckckck. Belum lagi klo sikembar pake acara “berdebat” ttg siapa yg udah plg byk “berjasa” dlm kerja bakti itu. Yang satu ogah-ogahan, yg satunya gregetan. Hhhhhh….ini letak favoritnya dimana ya? 😀

Aktivitas ini kuncinya di manajemen. Ibu sebaiknya yg pegang pembagian tugas. Jadi sejak awal tugas dan area sdh dibagi2 ke semua anggota keluarga. Gak boleh ada yg ongkang2 kaki main hape pas kegiatan ini. Itu mgkin sebabnya dokumentasi kegiatan kerja bakti ini kurang sekaliii dibanding aktivitas lain, soalnya ga punya asisten kameramen hehe. Tips tambahan: kerja bakti dimulai dari tempat tidur yaa, biar klo dah lelah bisa rebahan manjaa di kasur yg rapi-wangi wkwkkw.

Begitulah aktivitas favorit saya bersama suami dan anak-anak. Inti dari 3 aktivitas ini adl kebersamaan 🙂 Hal yang sederhana sekalipun klo kita sama-sama, akan jadi momen yg “mewah” juga kan?!

 

 

Iklan

9 respons untuk ‘3 Aktivitas Favorit Keluarga Si Kembar

Add yours

  1. “ketika komando nyonya panglima tidak satu frekuensi dg komando tuan panglima”. Hihi. I feel you, bunda.
    😂

    Suka

  2. Kenapa saya begitu mupeng sama aktivitas si kembar ini masyaa Allah? ❤❤❤

    Sekiranya dekat, mau sekali berkunjung bunda.. Barakallaahu fiikum. Salut masyaa Allah. Mesti banyak belajar lagi saya ini 🤗🤗😁

    Suka

    1. saya jg byk belajar dr kita. jgn terpesona dg apa yg saya posting, 90 persen yg tdk terposting lbh hancur lg kwkwk

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: