[Diy Craft] Perahu dari Botol Sampo/Sabun Bekas

Udah lama yaa saya gak posting tentang craftingnya sikembar. Kepikiran gak bekas wadah sabun cair atau sampo bisa dimanfaatkan jadi mainan anak-anak? Saya mendapat ide dari youtubenya CRAFT ID, di mana botol sabun bekasnya bisa disulap jadi perahu yg lucu:)

Bahan yang diperlukan:

  1. Wadah sampo atau sabun cair. Yang bagus itu klo bagian bawahnya rata (jgn lupa dicuci bersih dulu. klo perlu labelnya dilepas)
  2. Tusuk sate
  3. Stik es krim
  4. Kertas karton warna warni
  5. Alat2 pelengkap craft : lem, cutter, gunting, penggaris, pulpen dan spidol

Pertama-tama kita pake sidol utk membuat titik-titik dan segi empat. Buatlah satu titik di tengah-tengah permukaan wadah sabun/sampo. Titik itu utk nancapin layar perahu. Lalu buat dua titik di sisi kiri dan dua titik di sisi kanan dg jarak sekitar 5 cm. Usahakan titik samping kiri selurus dg yang kanan. Masukkan 2 tusuk sate. (Lihat gambar tengah)

Lubangi titik-titik tersebut dengan cutter atau alat pelubang. Jangan terlalu besar yaa lubangnya, yang penting tusuk satenya udah bisa menancap dg baik. Begitu pun dengan garis segi empat, diiris pake cutter.

Setelah itu, kita akan membuat layar perahu dari kertas karton. Polanya seperti di gambar 1 di bawah. Gunting pola tersebut dan pasang dg perlahan ke tusuk sate. Hati2, jgn sampai kertasnya sobek ya ๐Ÿ™‚ Pada ujung tusuk sate, boleh ditambahkan bendera kecil. (Lihat gambar 4 di bawah).

Selanjutnya, tempelkan stik es krim pada dua tusuk sate di bagian samping wadah. Boleh pake lem fox atau lem tembak.

Tinggal ambil lego figura nya dan letakkan di dalam kotak di depan layar ๐Ÿ™‚ Siap berlayar deh ๐Ÿ™‚ Bentuk perahunya bisa diimprovisasi yaa (boleh ditambah kincir di bagian belakang atau pagar di sekeliling layar ๐Ÿ™‚

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: