Sikembar Menginjak 8 Tahun

Alhamdulillah, laptop yang sempat ‘mati’ sampai dua bulan akhirnya is back! Baru blogging lagi huhu. Apa kabar sikembar? Desember 2016 lalu sikembar memasuki usia 8 tahun. Usia segitu udah kelas 2 SD klo mereka sekolah šŸ˜€ Alhamdulillah, kami masih istiqamah meng-hs-kan mereka. Sejauh ini mereka, terutama kami enjoy menjalani sistem “gak sekolah” ini.

Kami belum merumuskan rencana-rencana baru lagi buat mereka. Aktivitas terbaru sikembar sekarang adalah karate dan aritmatika. Cerita daftarin mereka karate cukup alot juga. Soalnya sebelumnya sikembar udah sabuk hijau di klub taekwondonya. Setelah kami evaluasi, ternyata klub tersebut gak sesuai harapan. Manajemennya gak bagus, trus yg usia anak-anak gak terlalu diperhatikan šŸ˜¦ Akhirnya kami tanya sikembar, mau gak dipindah ke klub yang dekat, jadi mama baba juga ga susah antar jemput. Awalnya mereka ogah, krn udah dekat ama kaka-kakanya di klub taekwondo. Kami pun ‘paksa’ halus haha. Kita bawa mereka ke lokasi, pas ngeliat anak-anak di klub karate itu ternyata lbh byk yg seumuran mereka, akhirnya mereka luluh juga. Malah sekarang mereka selalu bilang “maa, saya lebih suka karate daripada taekwondo.” šŸ˜€

Trus aritmatika. Pertimbangannya, saya gak bisa handle lagi materi matematika tingkat kelas 2 SD. Bukan gak bisa sih (uhuk), tapi gak tahu metode ngajar matematika yg enak buat anak kyk gimana. Setelah nanya-nanya, kita pun daftar sikembar les aritmatika di depn kampus IAIN, jadi enak klo saya ngampus, bisa langsung jemput. Alhamdulillah, sikembar sudah jalan sebulan level 1 nya. Seminggu 2 kali, senin dan kamis. Biaya lesnya per anak 500 ribu per level. Gurunya ‘care’ banget, cerita sikembar, gurunya istirahatkan anak di jam salat ashar (lesnya dari jam dua siang-setengah lima). Tapi di antara teman-temannya yg les, cuma sikembar katanya yg salat, bertiga ama gurunya šŸ˜€

Hmm..apalagi yaa. Di usia 8 tahun ini sikembar bukan lagi suka baca, tapi gila baca haha. Kalo saya belikan 3 buku cerita, lagsung dilahap habis sekaligus dalam sekali duduk hhhhhh. Sekarang saya mulai selektif memilihkan buku bacaannya, saya pengnnya level bacaan sikembar naik pelan-pelan. Mereka lagi gandrungin komik, jadi saya sering2 beli komik yg sarat pelajaran dan motivasi. Di usia ini saya lihat kemampuan menulis sikembar meningkat cukup pesat, dari segi pemakaian kosakata, berikut jumlah karakter yg bisa mereka tulis per kali duduk. Kadang sampe dua-tiga halaman! Mereka juga udah mulai belajar “rasa kata” dan bahasa dialog dalam tulisan. Cuma ya gitu, mereka moody bgt, gak bisa konsisten dg jadwal. Saya sih gak paksain, soalnya menulis berkualitas itu bisa muncul kalo sikembar memang lagi “mau”.

Di usia ini mereka juga udah dibiasakan bangun tahajud. Kalo bangunnya jam 3, mereka biasa habis tahajud lgsg tidur lagi. Subuh baru dibangunkan. Saking seringnya tahajud, pernah mereka nginap di rumah teman, tanpa kami, sikembar minta dibangunkan tahajud dan sahur šŸ˜€ Selain tahajud, mereka juga mau ikut puasa sunah. Mereka loh yg minta sendiri, kami gak maksain. Alhmdulillah, hitung-hitung latihan jelang ramadan ya.

Ada banyak rencana kami buat mereka berdua, rencana manajemen keluarga juga, tapi belum sempat dirapatkan. Dua bulan lalu kami soalnya fokus renovasi rumah, jadi jadwal sikembar otomatis berantakan. Tapi selama dua bulan itu ternyata sikembar belajar banyak ttg life skill, terutama masalah pertukangan. Mereka hampir tiap hari nongkrong bantu2 tukang atau sekedar mengamati šŸ™‚

Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Semangatttt mom, mom harus semangat! šŸ™‚

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: