Resume Kulwap Parenting Part 9

Waktu: tgl 3 des 2016, pukul 20.00 wib
Tema: kesehatan alat kelamin
Pemateri: dr. Ningsih Widyana
Moderator: mayyadah

Materi Pengantar:

“Vaginitis”
Pengertian : vaginitis adalah infeksi yang terjadi pada vagina . Penyebab vaginitis :
1. Jamur : vulvovaginal candidiasis
2. Bakteri : bacterial vaginosis
3. Parasit : trichomoniasis

Manifestasi klinis :
1. Vulvovaginal candidiasis disebabkan oleh candida albicans. Gejala : paling sering gatal, keputihan seperti cream, keputihan lengket di dinding vagina, liang vagina hiperemis (terdapat eritema vagina) , mudah berdarah, dan sangat gatal.

  1. Bacterial vaginosis disebabkan oleh gardenella vaginalis dimana terjadi pertumbuhan abnormal dari flora normal vagina. Gejala : keputihan putih keabu abuan, encer, keputihan yang banyak, dan sangat bau.

  2. Trichomoniasis di sebabkan oleh trichomonas vaginalis. Gejala : keputihan berwarna kuning kecoklatan, berbuih atau berbusa, bau, sangat perih, liang vagina hiperemis atau kemerahan dan timbul bintik2 ( strawberry cervix)

Diagnosis :
Diagnosa di tegakan dari anamnesa terhadap pasien dan di lakukan pemeriksaan spekulum, palpasi bimanual, uji ph.
Pemeriksaan penunjang sangat di perlukan untuk menentukan penyebab dari vaginitis itu sendiri.
– vulvovaginal candidiasis di perlukan pemeriksaan vaginal swab dengan KOH 10 %
– bacterial vaginosis dan trichomoniasis di perlukan pemeriksaan sediaan basah dengan NaCl

Pencegahan :
1. Menjaga agar vagina dan sekitarnya tetap bersih serta kering. Setelah selesai BAK hendaknya vagina di lap dengan handuk bersih2.Pastikan Anda menggunakan sabun tanpa bahan pewangi dan menyekanya hingga benar-benar kering. Sebenarnya tidak di anjurkan untuk memakai produk2 pembersih vagina karna akan merusak ph vagina dan merusak flora normal di vagina jadi membersihkan vagina cukup dengan sabun tanpa bahan pewangi.
3. Jangan membasuh bagian dalam vagina.
4. Gunakan kompres air dingin untuk mengurangi ketidaknyamanan pada vagina.
5. Kenakan pakaian dalam yang tidak ketat dan berbahan katun . Dan selalu menyediakan pakaian dalam ganti jika kita berpergian.
6. Setelah selesai BAK membersihkan vagina di mulai dari depan jangan terbalik (anus ke vagina) karna akan terjadi perpindahan flora normal di anus ke vagina.

Sesi pra kulwap:

  • Bunda ari:
    Apakah bulu kemaluan bisa disarangi bakteri? Apakah bulu kemaluan harus di cukur habis?

Jawaban :
Bulu kemaluan ( bulu pubis) yang tumbuh di daerah mons pubis merupakan tumbuh secara alami dan menandakan bahwasanya perempuan sudah pubertas.
Pertumbuhan (perpanjangan) bulu pubis juga termasuk lama sekitar kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Bulu tersebut di ciptakan juga tentu ada manfaat nya antara lain yaitu memberikan kehangatan pada vagina, penanda sudah pubertas, melindungi vagina dari masuknya kotoran. Namun bulu pubis sendiri harus di rapikan secara teratur tidak di anjurkan untuk mencukur sampai habis. Dan sebaiknya di gunting tidak di cukur karna di khawatirnya pisau cukur akan mengiritasi kulit dan memudahkannya terjadi infeksi, jadi cukup di rapikan dengan gunting.

Sedangkan jika kita membiarkan bulu pubis tumbuh lebat tanpa teratur memotongnya juga memudahkan tumbuhnya bakteri , kutu ( phthirus pubis) ataupun jamur sehingga bisa timbul berbagai penyakit.
Kalau tidak di potong membuat keringat tertahan dan kelembaban nya semakin meningkat sehingga mudah terjadi infeksi.

  • Apa itu pH dan apakah cairan dari daun sirih boleh dipakai untuk membersihkan kemaluan?

Jawaban :
pH ( potensial hidrogen)
Yaitu derajat keasaman yang di gunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang di miliki oleh suatu larutan.
pH vagina berkisar antar 3.5 – 4.5
Dan vagina bersifat asam.

Cairan daun sirih tidak dianjurkan digunakan untuk membersihkan vagina karna di takutkan vagina menjadi kering dan flora normal vagina terganggu sedangkan vagina harus ada cairan lendir untuk melindungi dari infeksi. Dan penggunaan dari daun sirih tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya infeksi.√

  • mama zahwa:
    Pada saat hamil keluar keputihan agak gatal, warna putih susu dengan tekstur cair, apakah itu berbahaya atau tidak?

Jawaban :
Keputihan ( fluor albus ) di bagi menjadi fisiologis (normal) dan patologis (tidak normal)
Pada keadaan fisiologis keputihan dapat terjadi saat hamil karna terjadinya peningkatan kadar hormon esterogen. Pada saat sebelum atau sesudah haid, saat melakukan banyak aktivitas. Namun tidak ada keluhan seperti bau, gatal maupun perubahan warna.
Keputihan patologis itu sendiri yang menimbulkan perubahan warna bisa jadi kuning kecoklatan sampai keabu abuan bahkan hijau , dan sangat bau seperti bau amis, dan gatal.
Kalau ibu mengalami gejala seperti yang patologis saya sarankan ada baiknya konsultasi ke dokter kandungan apalagi kalau diikuti dengan nyeri saat buang air kecil. Biar di cari tau apa penyebab nya dan bisa di tangani sesegera mungkin.

Sesi Kulwap:

  • bun afi:
    1.Apakah pemakaian dettol vaginal douche dlm jangka waktu lama dioerbolehkan?
    2. Agak OOT, bagaimana Cara membersihkan vagina pada bayi yg Baru lahir (suka ada putih2), krn Banyak yg menyarankan pakai daun tertentu, bukan sirih (Cara traditional).

Jawaban:
1 . Penggunaan dettol vaginal douche. Dettol itu kan antiseptik ya bunda. Sebenarnya kalau kita ingin memakai cairan antiseptik untuk daerah kewanitaan kita pastikan ph nya dlu yg harus sesuai dengan daerah kewanitaan ,ph 3,5. Tapi meskipun begitu alangkah baiknya tidak usah mengunakan cairan antiseptik karna bisa mengganggu flora normal tadi.

  1. Membersihkan vagina pada bayi baru lahir, kalau bayi baru lahir itu rentan terhadap infeksi karna sistem imun masih belum kuat ya bun, jadi sarannya kalau membersihkannya cukup di bersihkan dengan kain yg bunda basahin saja lalu di lap kering soalnya kalau dengan daun2an malah jadi infeksi nantinya, dan sarannya jangan di taburin bedak ya bunda di daerah kemaluannya. βœ…
  • bun nurway:
    Kira-kira apa yang menyebabkan bekas warna kuning pada celana dalam ya dok?bagaimana cara membersihkannya?

Jawaban:
Itu berarti keputihan ya bunda, dan berarti sudah terjadi perubahan warna dari normal, kalau ada tanda yang lain misal nya berbau atau gatal segera konsultasi ke dokter kandungan ya bunda.
Untuk membersihkan nya sendiri bersihkan dengan air saja dan di lap sampai kering, pakai pakaian dalam yg berbahan katun dan jangan yang terlalu ketat.

  • Mb anindya:
    sy Melihat dan mndngar bgtu byaknya korban pemerkosaan pada anak di bwah umur, apakh hal itu bisa mnjamin robeknya selaput darah mereka dn mmbuat kperawanan mereka hilang?

Jawaban:
Selaput dara bisa robek jika ada sesuatu yg di masukkan ke dalamnya, kalau sudah terjadi proses seperti itu besar kemungkinan selaput dara akan robek bun, dan keperawanan pun akan hilang. Iya banyak kasus pemerkosaan sekarang. Cara nya pendidikan sex sejak dini sudah boleh di ajarkan βœ…

  • Bu dahlia:
    bagaimana mengatasi haid yg tdk teratur,jika periksa di dokter kandungan,katax gangguan hormon,bgaimana mengatasinya dok?

Jawaban:
Haid yang siklus nya tidak teratur itu bisa di sebabkan banyak faktor bunda, bisa karna gangguan hormonal atau pun karna psikis, yaitu kalau lagi stress. Faktor pikiran itu berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Dan membuat yg biasanya teratur jadi tidak teratur. Bunda makan dengan asupan gizi seimbang perbanyak makan buah sayur, atur pola tidur ya bun 8 jam setiap hari, dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas.

  • Bunda afi
    Anak laki – laki suka menggaruk alat kelaminnya padahal jika dilihat bersih?

Jawaban:
Diaper nya menyerap gak bunda? Bisa jadi ada alergi bun.
Kulitnya tidak ada iritasi ya bunda?
Mungkin alergi dari diapers. Kalau cara pembersihan khusus mungkin tidak ada karna biasnya di bersihkan dengan air saja dan pemakaian diapers nya jangan seharian ya bunda. Kalau misalnya ada keluhan sakit saat buang air kecil bunda boleh bawa ke dokter anak buat konsul.

  • Bun rina:
    saya mau nanya
    begini, anak sy laki laki umur 1.6 bulgan pernah terkena sakit ITP. ketika itu anak sy kencigny berdarah dan setiap pipis dia merasa kesakitan berlangsung sehari semalam. ternyata setelah di lihat hasil labnya trombositnya drop 26.000.
    1.kira kira apa faktor yg memicu Penyakit ITP (idiopatic trombositopenic purpura)?
    2. apakah dgn khitan lbh awal bisa menghindari penyakit tersebut?
    3. adakah obat alami utk menghindari penyakit tersebut…?

Jawaban:
ITP itu sampai sekarang penyebab nya idiopatik bunda belum di ketahui, itu memang ada nya gangguan pada trombosit, dimana yg seharusnya niai normal dari range 150 ribu sampai 450 ribu tapi pada anak yg ITP trombositnya bisa sangat rendah beda dengan anak yg terkena dengue syok syndrom kalau DSS trombosit rendah bisa naik. Biasanya anak ITP ini gampang timbul lembab di badanya jika terkena trauma.

Hubungan khitan dengan ITP sepertinya tidak ada bunda.Yang harus di jaga sekarang bunda harus benar2 awasi pergerakannya usahakan tidak mudah terbentur ataupun jatuh dan bisanya itu ada transfusi trombosit bunda namanya fresh frozen plasma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: