Resume Kulwap Parenting Part 4

RESUME KULWAP 29 OKTOBER 2016

Tema: Otitis Media: Infeksi Telinga Paling Sering Pada Anak

Oleh: dr.Fatmawati Arsyad Said, Sp.THT-KL, M.Kes

Moderator: Jusmiati

Pendahuluan:

Otitis media akut adalah infeksi bagian tengah telinga (otitis= telinga, media= tengah) yang umumnya menyerang bayi dan anak-anak. Tuba estachius yang lebih pendek pada anak-anak memudahkan masuknya bakteri dan virus ke dalam telinga tengah. Infeksi telinga ini seringkali berkembang setelah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Bagian di belakang gendang telinga akan membengkak dan mengumpulkan cairan (efusi).

Gejala : Gejala otitis media pada bayi terdiri dari demam, rewel, selera makan menurun, susah tidur, keluar cairan dari telinga dan sering menarik-narik atau menggosok telinga.Anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa mungkin mengeluhkan rasa sakit di telinga dan gangguan pendengaran sementara.

Diagnosis : Didasarkan pada anamnesis yang teliti, pemeriksaan rutin THT, pemeriksaan penunjang THT.Diagnosis dan pengobatan sedini mungkin memegang peranan penting dalam mencegah akibat lanjut (komplikasi) dari penyakit ini.

Pencegahan :

  • Jaga kesehatan bayi agar tidak terkena ISPA (Batuk, Pilek, Radang Tenggorokan)
  • Setiap 6 bulan sekali, periksakan bayi ke dokter THT untuk mengecek kesehatan telinganya, untuk menghindari gangguan pendengaran.
  • Jangan mengorek-ngorek telinga bayi/anak karena bisa mendorong kotoran dan menambah iritasi pada telinga sehingga memperberat infeksi.

PERTANYAAN PRAKULWAP

  • bunda Nurul fathonah: Assalamualaikum.. mau tanya bunda..Anak saya usia 2,5 thn sdh hampir 6 bulan telinganya berair.. sdh bbrp kali berobat k dokter tht sembuh.. tp klo pilek batuk kambuh lagi.. saya sampe kasian klo harus minum obat kimia terus.. pdhal tdk minum es atau jajan yg sembarangan.. adakah tindakan medis yg aman..? Tnpa harus konsumsi obat..?

Jawaban: wa’alaikumussalam.wrb. kasus anak bunda biasa dikenal dengan OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik) atau infeksi telinga tengah yg perlangsungannya lebih dr 2 bulan. Penyakit ini awalnya berlangsung akut namun krn bbrpa faktor berlanjut menjadi kronik, mgk karena adanya infeksi berulang, faktor alergi makanan atau masuknya air ke dlm telinga tengah (saat mandi/berenang). Karena pd kondisi ini gendang telinga sudah perforasi (bocor). Mmg perawatan harus rutin bun, obat kimia jika diberi sesuai indikasi sy rasa aman apalagi sesuai petunjuk ahli THT. Ditakutkan bocor pd gendang bertambah besar, pendengaran makin berkurang dan terjadi komplikasi lebih jauh. Untuk Kasus2 tertentu dgn cairan telinga yg minim biasanya dianjurkan pengobatan topikal (obat tetes).

  • bunda Fitri bunzi : Assalamu’alaikum Dokter Fatma..terimakasih atas materinya. Dan kepada mbak Jusmiati terimakasih sudah memberikan kesempatan. Pertanyaan saya: sebetulnya apakah penting telinga itu rutin dibersihkan? Saya pernah baca kalau tidak salah dalam telinga tidak perlu dibersihkan. Kalau memang perlu dibersihkan, bagaimana cara membersihkan telinga anak yang tekstur kotorannya -maaf- keras, tidak cair. Terimakasih.
  • Assalamualaik mba, sy ummu ammar..Bagaimana cara menangani kotoran telinga anak yg menggumpal keras? (Riwayat medis anak takut dgn dokter)Apakah boleh melunakan kotoran telinga dgn ditetesi baby oil atau aáir biasa, setelah lunak baru diambil dgn pinset (pembersihannya saat anak tidur)Dan bagaimana cara mencegah datangnya kotoran yg menggumpal keras tsb?
  •  Assalamu’alaikum sya  ana…. Mw bertanya bunda..jd bagaimana cara membersihkan telinga bayi/ anak apabila ditelinga nya ada kotoran?

Jawaban:  Kotoran telinga atau cerumen normal selalu ada dalam telinga anak bun. Allah SWT menciptakan kotoran jelas ttp punya fungsi yaitu sebagai pelumas liang telinga atau mematikan serangga yg masuk. Secara fisiologis cerumen ini bisa keluar dgn sendirinya misalnya pada saat mandi, tidur ataupun mengunyah. Namun karena terkadang pembersihan yg salah maka cerumen akan terdorong masuk dan terperangkap di bagian tulang dari liang telinga sehingga lama kelamaan akan menumpuk.

Pembersihan telinga tidak dianjurkan menggunakan cotton bud krn alasan di atas. Jenis kotoran telinga juga beda2 ada yg lunak ataupun keras. Untuk yang lunak mgkin lebih mudah bunda bersihkan dgn menggunakan cotton bud ukuran kecil dan baby oil, tapi ini jika kotoran telinga benar2 terlihat jelas (menggunakan senter atau sejenisnya).

Untuk jenis kotoran telinga yg keras mmg agak susah dikerjakan sendiri di rumah bun, terkadang kita butuh tindakan khusus ataupun obat pelunak cerumen. Jadi tetap kontrol kesehatan telinga anak minimal 3 bulan sekali, maksimal sampe 6 bulan.

PERTANYAAN  KULWAP:

  • Mau tanya bu dokter…Anak saya (3 tahun 2 bulan) pernah kena mump atau gondongan..Sejak saat itu setiap dia demam selalu muncul bengkak di bawah telinganya..kadang malah dua-duanya kanan dan kiri. Kasus terakhir ini habis jatuh kepala benjol malamnya langsung demam dan bengkaknya muncul di pagi hari.Itu knp ya dok?apa ada hubungannya dengan gangguan di telinganya? Terimakasih dok.

Jawaban: Benjolan/ bengkak yg bunda maksud di bawah telinga harus dipastikan posisinya…apakah letaknya pas di bawah daun telinga paling bawah (lobulus), ataukah daerah leher. Harus dilihat berapa ukurannya? nyeri jika ditekan ato tidak? mudah digerakkan atau terfiksir.

Kalau mumps bunda biasanya ukuran besar , batasnya tidak jelas, bilateral kanan kiri, bahkan daun telinga bawah terangkat jika ukuran cukup besar. sebelumnya didahului dg tanda2 demam,nyeri pipi dsb. Kalau yg ananda alami skg bisa jd pembesaran kelenjar getah bening yg biasanya muncul pada kasus2 radang tenggorokan/amandel yg kronik. Untuk memastikan apakah ada hubungan dgn telinga, harus diperiksa liang telinga dan gendangnya bunda. selain itu apakah ada keluhan nyeri telinga atau tidak.

  • bunda irataswira: Assalamu Alaikum ? Materi yg sangat menarik..Masalah sy bu dok anak sy umur 1 th. 9 bln dan 3 th. 5 bln keduamya wkt msh baby sy sering bersihkn telinganya tp skr tdk lg krn katanya geli dan skr keduanyapun malas makan pdhl sering jg komsumsi vitamin.  Apakh termasuk gejala otitis media dok . Dan sy tdk prn bw periksa di dr.THT. t.ksh.

Jawab: Malas makan pd anak byk penyebabnya bunda dan harus dideteksi kondisi dan keluhan pada anak. apakah mmg ada keluhan nyeri tenggorakan (radang), anak sedang tumbuh gigi, peradangan gusi , kebiasaan pola makan, jenis makanan, atau penyakit2 lainnya. ini perlu konsultasi lanjut bun. Gejala otitis media lebih dominan pada telinga bunda spti yg tercantum pada materi kulwap. Biasanya didahului dgn ISPA (infeksi saluran napas atas) spti batuk pilek.

  • bunda henita: Anak sy umur 5th, ,, sdh hampir 4x dlm 1 thn ini mengeluh sakit telinga bergantian kanan dan kiri. Yg paling parah adalah keluhan bbrp hari yg lalu smp teriak2 sy lihat dg senter telingax msh bersih tdk ad kotoran apapun. Tangisanx berlangsung slm1 mlm itu,  keesokan paginya sdh membaik anak sy bilang sdh tdk sakit,  tp sy cek lg dg senter di telinga anak sy ad kotoran padat warna putih… kira2 itu apa y?  Penyebab anak sy selalu sakit telinga ap? Klo krn amandel anak saya meski pny sakit amandel ktika sy tanya saat sakit telinga dy tidak mengeluhkan klo tenggorokanx sakit,  tidak jg sakit saat menelan. Mohon penjelasannya… dan apa yg hrs segera sy lakukan? Lalu apa pdapat dokter ttg ear candle? apa dokter menganjurkan?

Jawaban: Penyebab nyeri telinga (otalgia) byk bunda.

  • cerumen obturan (kotoran telinga menyumbat) yang keras
  • corpua alienum (benda asing)
  • Laserasi (lecet) liang telinga akibat trauma (dikorek, terkena sesuatu)
  • otitis Eksterna (infeksi telinga luar/liang telinga) . ini biasa disebabkan faktor alergi makanan, menimbulkan rasa gatal, dikorek akhirnya infeksi
  • otitis media ,,ini paling sering..sesuai tuba eustachius anak yg pendek lebar dan datar sehingga infeksi virus/bakteri dr hidung maupun tenggorokan mudah masuk ke telinga tengah.

jika anak mengeluh kesakitan sedang bunda lihat tidak ada kotoran dan liang tidak kemerahan, kemungkinan otitis media akut , masalah ada di telinga tengah (di belakang gendang) akibat tekanan negatif ataupun adanya penumpukan cairan. Radang pada amandel tidak mesti bersamaan dgn infeksi telinga namun bisa jd salah satu faktor pencetus. Ear candle tidak dianjurkan, karena tidak terbukti bermanfaat, namun dapat mengiritasi telinga.

  • bunda ema: Sebaiknya mmbrsihkn telinga ank dg cutton bud atau yg dr alumunium (apa namany?)atau yg lbh canggih diiklankan di medsos,dr mesin dimasukkan ke telinga,otomatis kotorn dlm tlnga keluar?yg kedua,apa efek smping jk anak suka menarik2 telinga jk sdg skit?

Jawaban: kalau kami dokter THT tetap menganjurkan membersihkan telinga harus betul2 dilihat bunda. karena jenis kotoran, bentuk anatomi liang , letak kotoran sangat berpengaruh pada cara, alat dan teknik yg digunakan. karena jika tidak maksimal dpt menambah tumpukan kotoran itu sendiri bahkan menimbulkan iritasi.

secara teori khas infeksi telinga luar justru nyeri jika telinga ditarik bunda. mungkin faktor kebiasaan ananda. jika berlangsung lama mungkin bisa terjadi perubahan bentuk anatomi.

  • Masih sambungan pertanyaan bu anna :Dan kami pernah mengeluarkan lendir dngn cara menguap. Apakah tdk berbahaya…?

jawaban: lendir dari tenggorokan maksudnya bun? menguap mksdnya nebulizer? kalau iya, gpp bun…tapi ini bertujuan untuk mengatasi sumbatan jalan napas bawah ya, bukan daerah atas (amandel).

  • assalamualaikum. sy blm menikah bunda, usia 24th. mau tanya pengalaman pribadi ttg telinga. boleh? sekitar 2bulan ini sy sering merasa geli di telinga. jd sering pakai tusuk telinga. 1-2 kali sehari. biasanya kotoran telinga cair sampai2 krn seringnya, skrg tusuk telinga sdh dalam msknya. mau berhenti pakai tsk telinga tp kadang tdk tahan rasanya bunda dokter, di dlm telinga. bgmn tips2 utk menghentikan kebiasaan pakai tusuk telinga?

jawaban : kotoran lunak atau cairan? warnanya kecoklatan atau kekuningan/kehijauan, kalau kuning/kehijauan kemungkinan sudah infeksi liang telinga. kebiasaan mengorek telinga apakah dikarenakan gatal? gatal akibat kotoran biasa, kdg hilang stlh qta membersihkan telinga, tp kalau gatalnya sering2 mungkin ada alergi makanan. perlu kontrol lanjut. telinga kanan/kiri tidak ada faktor tertentu yg mempengaruhi.

  • Mohon penjelasannya….kami punya anak umur 1 tahun 8 bulan… akhir2 ini sering batuk dan setiap tidur seperti kalau dia mendengkur apakah itu wajar2 saja atau masalah bagi seorang anak…

jawaban : mendengkur (snooring) disebabkan karena adanya obstruksi/ sumbatan jalan napas atas (gejala OSAS/obstructive sleap apneu syndrome). Pada anak biasa diakibatkan pembesaran amandel dan adenoid (kelenjar limfe belakang hidung anak). periksa lanjut bunda. karena jika dibiarkan lama bisa terjadi gangguan pertumbuhan, konsentrasi anak terganggu krn suplai oksigen ke otak berkurang, juga bisa terjadi infeksi telinga tengah (otitis media efusi) dan gangguan pendengaran karena terjadi sumbatan mekanik pada tuba eustachius.

  • bunda ishmah: Jadi sebaiknya bagaimana cara membersihkan telinga yg baik? Trus utk balita apakah kotoran telinga akan selalu keluar dg sendirinya?

jawaban : kalau kotoran lunak bisa menggunakan cotton bud yg kecil tp ttp ke anjuran2 yg sudah dipaparkan ya bunda.ini mmg agak sulit dilakukan sendiri di rumah karena dibutuhkan keterampilan khusus hehe. kalau kotoran jenis keras sebaiknya kontrol ke dokter THT bun. nda ada jaminan juga bun, semua tergantung faktor anatomi telinga, jenis kotoran,dll.

Kesimpulan : Kesehatan telinga pada anak menjadi perhatian penting bagi orangtua. Karena dapat menimbulkan gangguan serius pada perkembangan ananda ke depan. Infeksi telinga dapat dicegah dgn menjaga daya tahan tubuh ananda, kebiasaan makan/minum, kebersihan , deteksi serta atasi gangguan sejak dini.

Semoga bermanfaat 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: