Diari Hs: Belajar Menulis Cerita

Ini awalnya  ketika melihat buku2 fiksi di toko buku yang sudah byk ditulis oleh penulis cilik, trus pas dapat sharing dari para bunda ttg bakat nulis dan blog anak-anaknya, akhirnya saya pun termotivasi juga buat melatih sikembar nulis. Saya benar2 gak pernah menyangka klo bakat nulis saya bisa nurun ke sikembar. Pas saya coba pertama kali membimbing mereka, ternyata wow…hasilnya benar2 di luar dugaan saya. Mereka ada bakat! Sayang banget klo gak diasah 🙂

Step by step pun saya berusaha membentuk kebiasaan nulis mereka. Saya ingin mereka mengenal dunia kepenulisan lebih dini. Jadi target besarnya adalah sikembar bisa nerbitin buku atau minimal jadi blogger di usia muda.

Berikut tips dan trik yang saya pakai utk melatih sikembar nulis cerita:

  1. Tentukan tema cerita sehingga anak bisa dengan mudah membentuk imajinasinya. Berikan tema sehari-hari yang sederhana dulu seperti pengalamannya hari ini, apa yang dirasakan anak, tentang teman, atau lingkungannya.
  2. Pilih waktu di mana anak bisa menulis dengan konsen seperti abis mandi pagi, ba’da isya, atau sore hari. Sinkronkan dengan waktu luang kita soalnya di awal2 anak harus didampingi.
  3. Berikan koreksi dan masukan. Misalnya, tanda baca, penggunaan kata, dan sejenisnya, jadi tulisan anak ada kemajuan.Klo ide cerita, saya gak pernah ikut campur. Biarkan anak mengeksplor ide seluas2nya. Sikembar bisa menghayal setinggi2nya, bahkan pernah si kaka nulis ttg mobil sebesar pohon hahah.
  4. Gunakan instrumen yg membantu anak menulis cerita sistematis, agar ceritanya runtut, gak kemana2. Bisa menggunakan gambar yang ditempelkan. Nanti anak bisa menceritakan gambar2 yang sudah kita susun. Bisa juga dengan memberi mereka sebuah benda. Diletakkan di atas meja, jadi mereka bisa mengasah imajinasi dg melihat benda itu secara langsung.
  5. Berikan anak buku2 bacaan yang bisa membantunya menjadi penulis yang kaya akan ide dan perbendaharaan kata.
  6. Konsisten. Klo anak udah terbiasa menulis, minimal satu kali dalam seminggu, trus lama2 menjadi satu kali per hari, insya Allah potensi nulisnya akan berkembang pesat. Bisa juga dengan memberi anak buku diari/jurnal harian yang unik dan lucu. Biar dia bisa bersemangat nulis.

Berikut beberapa dokumentasi sikembar belajar nulis :

14047391_350418358678943_1084860307713916958_o
Bikin suasana serileks mungkin…
20160330_205716
Yang ini pakai gambar. Sikembar pun belajar menceritakan gambar tersebut.
20160330_205831
Di awal2, saya ngasih contoh tulisan. Biar anak bisa ada bayangan.
20160618_103546
Pakai instrumen ‘benda’ (tomat dan cabe) yang dilihat secara langsung 😀
20160618_105015
Klo udah nulis, sikembar bisa gonta-ganti posisi saking excitednya berimajinasi haha
Iklan

2 respons untuk ‘Diari Hs: Belajar Menulis Cerita

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: