Diari Hs: Membuat Parasut dari Kantong Plastik

Udah lama saya gak ngadain kelas eksperimen sains buat sikembar. Pas majalah langganannya datang, kebetulan di situ ada halaman khusus  fun science.  Salah satu temanya: membuat parasut. Akhirnya, sikembar langsung minta praktik sore itu juga. Alhamdulillah, bahan-bahannya mudah didapatkan.

Bahan-bahan:

  1. Kantong plastik ukuran sedang
  2. Spidol
  3. Alat utk bikin lingkaran (sikembar pakai mangkok hehe)
  4. Benang wol (saya ganti pake tali rapia)
  5. Gunting
  6. Pemberat/beban parasut: bisa apa aja. Orang-orangan, mobil2an, dll. Sikembar pake lego.

Cara bikinnya kayak gini:

20160731_171927
1. Gambar lingkaran di permukaan kantong
20160731_172315
2. Gunting dengan mengikuti garis lingkaran
20160731_173128
3. Lubangi tepi kantong (ada 8 titik) dan masukkan tali. Ikat.
20160731_175242
4. Semua ujung tali disimpul jd satu. Beri beban. Siap terbang 🙂
20160731_180125
Azka sampe manjat pagar demi dapat spot terbaik buat parasut 😀
20160731_180129
Yeeey, terbang!

Lewat eksperimen ini kita bisa jelasin teori gravitasi: kalo semua benda yang dilempar ke atas pasti akan jatuh dengan cepat ke bumi. Tapi parasut jatuhnya pelan-pelan krn ada hambatan udara oleh parasut. Jadi, baik orang ataupun benda yang bergelantungan di parasut, akan mendarat dengan perlahan selama parasutnya mengembang dengan baik.

Tiba2 si Kaka bertanya: trus Ma, klo layang2 kenapa ga jatuh kyk parasut?

Waduh, saya langsung mesem2 siap kabur: enggg…bentar Nak yaa, nanti mama tanya paman google dulu 😀

Maklum mamanya bukan begron anak sains hihih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: