Diari HS: Permainan Melatih Kesabaran Anak

Sikembar termasuk tipe anak yang gak sabaran. Saya menyebutnya ‘terlalu antusias’ hehe. Kali ini sikembar minta belajarnya diganti games aja. Saat ngeliat “kartu-kartu mencari harta karun” (hadiah ensiklopedi anak yang saya beli), saya tiba-tiba punya ide. Saya ajarin deh nyusun kartu-kartu itu sampai dua tingkat. Ternyata gak mudahhh, jangankan sampai dua tingkat, saya cuma berhasil dengan dua kartu aja hhhhh.

Permainan ini lumayan menguji kesabaran. Selain belajar fokus dan sabar, di sini sikembar juga belajar keseimbangan. Ternyata mereka bisa sampai tiga tingkat :d

PhotoGrid_1456217222042

Selain kartu tingkat, games lain yang berguna buat melatih kesabaran anak adalah main kelereng. Saya jadi ingat pernah beli kelereng satu gepok buat bikin kerajinan tangan. Akhirnya bongkar-bongkar kardus peralatan, nemu juga kelerengnya.

Ide permainan dengan kelereng yg pertama adalah marble run. Awalnya pengen yang sistemnya “mencari jalan keluar” gitu. Tapi cukup repot bikin jalurnya. Ya udah, marble runnya diganti jadi versi mama :d Caranya sih simpel aja: mindahin kelereng dari satu balok susun ke balok susun lainnya. Aturannya, kelereng gak boleh disentuh dan gak boleh jatuh hingga ujung jalur balok susun 🙂

Marble Run
Marble Run

 

salah satu track yang sulit
salah satu track yang sulit

 

jangan sampai jatuh
jangan sampai jatuh

20160227_113153

track terpanjang, dari ruang tengah ke ruang tamu!
track terpanjang

Setelah bikin jalur terpanjang dari ruang tengah ke ruang tamu itu, sikembar pun akhirnya bosen main marble run. Mama terpaksa muter otak lagi. Aha! Ting! Lampu ide menyala. Saya meminta mereka mengambil pensil warna. Game terakhir pun jadinya seperti ini:

20160228_121718

20160228_121723

20160228_121642
Berhasil!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: