[Tips Perkawinan] Cara Menghadapi Masalah dalam Perkawinan

Dari beberapa curhat teman2 ttg kehidupan rumah tangga mereka, saya melihat kalo konflik antar suami-istri itu muncul bukan cuman karena faktor karakter/sifat personal, tetapi lebih byk krn kurangnya sharing yg intens antar mereka. Sharing yg sy maksud di sini adl ketika ada masalah yg dialami oleh salah satu pihak, maka seharusnya itu dibicarakan sejak awal, gak pake tunda2.

Misalnya jika di kantor, istri mendpt ‘gangguan iman’ dr bosnya misalnya, ato suami sedang mengalami ‘gak mood’ dlm melakukan seks misalnya, ato bahkan hal2 sepele seperti suami sebenarnya gak nyaman sama mertua, ato istri pengennya ada kerjaan sampingan dan merasa bete di rumah terus, maka hal2 tersebut harus dibicarakan dari hati ke hati. Jgn dipendam hanya karna ingin menjaga perasaan masing2 pasangan.

Jika suami-istri sudah biasa sharing hal2 seperti itu, maka ke depannya akan muncul keterbukaan antar pasangan. Jadi, klo ada apa2 yg justru kita dengar dr org lain, maka kita tdk perlu berburuk sangka krn sblmnya pasangan kita udah bicara ttg hal itu.Pengalaman saya, biasanya suami itu cenderung ‘iya2 aja atau beres2 aja’ klo dimintai pendapatnya ttg sesuatu. Seperti dialog berikut:

Ayah, bagusnya anak kita nanti sekolah di mana ya?

Terserah mama aja, Mama kan yg lbh tau anak2…

Di SD A aja?

Oke, terserah mama aja

Sebaiknya sih suami jgn kyk gt terus, dengarkan cerita istri anda sampe selesai dan keluarkan pendapat anda. Istri sebaliknya jg hrs gitu, jadi penyelesaian sesuatu itu benar2 hasil kesepakatan berdua. So, klo ada masalah di belakang, keduanya gak boleh slg menyalahkan, hrs sama2 bertanggungjwb krn itu mmg hasil persetujuan bersama.

Kalo suami/istri sedang bepergian atau keluar rumah dan harus pulang terlambat (meski telatnya gak sampe sejaman) maka biasakanlah kasih kabar. Terutama kalo yg pasangannya mudah khawatir hehe.

Gimana kalo masalah yg sama muncul lagi dan terus-menerus?
Maka ini sdh merupakan masalah serius yg hrs dibenahi secepatnya. Suami-istri bisa meminta bantuan konsultan/ustaz/mediator/org yg kompeten jika secara internal udah gak bisa lagi diselesaikan.

Saran saya: jika ada masalah, sgt dianjurkan utk menyelesaikannya secara internal (suami/istri aja yg tahu). Jgn sampe bocor kemana2 apalagi jika itu menyangkut aib anda. Selesaikanlah berdua krn terkadang, turut-campur pihak2 lain justru akan menambah masalah baru.

Semoga bermanfaat ya dan semoga senantiasa sakinah bersamanya 🙂

Iklan

2 respons untuk ‘[Tips Perkawinan] Cara Menghadapi Masalah dalam Perkawinan

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: