Jika Pernikahan Tidak Dilandasi Rasa Cinta

Sebenarnya catatan ini merupakan kopian status fesbuk saya kemarin. Begitu banyak fesbukers yg menshare dan berkomentar positif tentang status tersebut. Oleh karena itu, saya pikir lebih baik status ini saya arsipkan di WP biar bisa di-reach oleh pembaca lebih banyak lagi 🙂

Berikut isinya:

Beberapa teman saya menikah dengan calon yg benar2 asing, tanpa sempat memupuk cinta, tapi sampe skrg mereka baik2 saja hingga anak2 mereka lahir.

Adapula sebagian teman saya yg mendahului pernikahannya dg ‘rasa’, saling suka sejak lama lalu menikah. Namun naasnya pernikahan mereka hrs berakhir dgn tak terduga. Tapi ada pula yg saling mencintai lantas menikah dan hingga detik ini mereka masih senantiasa sakinah.

Hal ini kemudian membuat saya brpikir: Benarkah manusia tdk perlu ‘rasa cinta-mencintai’ utk memutuskan menikah dan menjalani rumah tangga? Benarkah ‘rasa’ tdk ada hubungannya?

Sahabat saya berkata: nikah itu urusan Allah, terlepas dr ada rasa suka atau tidak trhdp calon. Kalo sdh jodoh…ya…akhirnya bersatu juga.

Saya lalu teringat ungkapan almarhum Bapak: jika memungkinkan, menikahlah dg org yang kamu cintai. Namun, jika tdk memungkinkan, cukup menikah dg yang mencintaimu (meski tdk kau cintai).

Sebagai org yg sdh berkeluarga, saya cuma pengen membagi sebuah rahasia:
‘In ahsantum, ahsantum li anfusikum, wa in asa’tum falaha…’
Artinya: jika kamu berbuat baik ke org lain, maka kebaikan itu akan kmbali pd diri sdri, begitupula sebaliknya…(firmanNya).

Jika pun kamu tdk ada ‘rasa’, tapi jika calon yg benar-benar datang adl org yg baik (agama atau/dan akhlaknya) dan kamu tdk menolaknya demi kebaikan, maka insya Allah bukan cuma ‘rasa’ sakinah itu yg akan Allah tumbuhkan, tetapi jg mawaddah wa rahmah.

Demikian kira2 pemikiran saya yg sebetulnya tdk ahli dlm memberi nasihat pernikahan 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: