Susu Tanpa Gula Tambahan Pilihan Ibu Cerdas

Saya punya pengalaman masa kecil menyedihkan. Ibu saya melahirkan nyaris setiap tahun, sedangkan ayah hanya bergaji pas-pasan. Saya dan kelima adik yang masih kecil pun harus pasrah diberi minuman yang hanya berupa campuran air hangat dengan gula pasir. Susu formula adalah barang mewah bagi kami. Tetapi dengan keterbatasan itu, ayah dan ibu tetap berjuang membesarkan saya dan adik-adik.

Saat saya telah berumah-tangga, saya bertekad akan membahagiakan anak-anak saya. Saya tidak ingin pengalaman malang itu terulang. Alhamdulillah, kehidupan saya dan suami semakin lebih baik pasca kami dikarunia anak kembar laki-laki yang aktif dan lincah. Dan sebagai seorang ibu, saya berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk memberi nutrisi yang mendukung proses tumbuh-kembangnya.

Mungkin sebagian ibu lebih memilih menghabiskan uang belanja dengan membeli perabot rumah tangga, alat-alat masak, atau pakaian bermerek, dibanding harus membeli susu yang berkualitas untuk anaknya. Tapi bagi saya, nutrisi anak adalah segalanya. Hanya dengan asupan nutrisi yang berkualitaslah, anak-anak akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Dan salah satu susu formula berkualitas adalah ANMUM ESSENTIAL TANPA GULA TAMBAHAN.

Sepengetahuan saya, hanya Anmum Essential yang benar-benar care terhadap masalah “kelebihan gula” dalam susu formula. Coba ibu-ibu bayangkan, dalam satu hari seorang anak bisa mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang mengandung gula seperti biskuit, coklat, permen, sirup, dan cemilan lainnya, di luar susu yang ia minum. Jika sejak usia dini pola konsumsi anak sudah dibiasakan dengan mengkonsumsi gula tambahan, maka akan menyebabkan resiko gangguan kesehatan setelah ia dewasa nanti. Padahal, jika sebelumnya ia diberi ASI yang memang tidak mengandung sukrosa, seharusnya susu formula yang dikonsumsinya juga tidak mengandung gula tambahan agar selera makannya tidak berubah.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan WHO, batas maksimal gula yang boleh dikonsumsi anak 1-3 tahun adalah 25 gram atau 5 sendok teh, sedangkan anak 4-6 tahun adalah 35 gram atau 8 sendok teh. Dari total kalori per harinya, konsumsi gula tambahan seorang anak tidak boleh melebihi 10%.

Itulah sebabnya gula tambahan perlu dikontrol porsinya, Moms!

Kelebihan gula akan menyebabkan dampak yang negatif terhadap tubuh anak. Mungkin dampaknya tidak nampak secara langsung, tetapi akan terlihat beberapa waktu kemudian. Kelihatannya sepele, tapi kelebihan gula bisa “membunuh”. Obesitas, diabetes, masalah jantung, dan penyakit lainnya akan mematikan proses kreativitas anak dan mengganggu perkembangannya. Selain itu, secara tidak langsung, kelebihan gula akan mengganggu konsentrasi belajar anak. Dampak negatif lain yang paling cepat terlihat adalah gigi anak akan terserang karies. Dan alhamdulillah, sampai sekarang gigi Si kembar masih utuh dan kuat 🙂

selalu narsis depan kamera :D
selalu narsis depan kamera 😀

Meski mengandung 0% sukrosa, anak kembar saya tidak menolak karena rasanya yang enak (saya memang memilih yang rasa vanila). Anmum Essential ini ada dua versi, Anmum Essential 3 untuk anak 1-3 tahun, dan Anmum Essential 4 untuk anak usia 3-5 tahun yang dikonsumsi anak saya sekarang. Kejaminan halalnya pun terbukti dengan adanya label halal MUI dan terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Jika ibu-ibu membaca dengan seksama tabel nilai gizi di kemasannya, maka selain dilengkapi AA dan DHA yang bagus untuk perkembangan otak buah hati, susu Anmum Essential ini juga mengandung formula baru seperti Omega 3 dan 6, Zat Besi, Selenium, serta Vitamin A, C, dan E, yang akan mendukung perkembangan anak terutama di tahap golden age. Benar-benar investasi kesehatan jangka panjang, bukan?

Ibu yang cerdas tentu akan memilih nutrisi yang cerdas untuk buah hatinya. Anak adalah segalanya bagi ibu, maka berikanlah nutrisi yang memberi ia ‘segalanya’. Dan Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan adalah jawabannya. Yuk Moms, jadi ANMUM BUNDA INSPIRATIF!

* * *

Tulisan ini diikustsertakan dalam Writing Competition Anmum Bunda Inspiratif bekerja sama dengan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN). Link Komunitas IIDN bisa dibuka di http://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/. Salah satu buku karya IIDN adalah Storycake for Amazing Moms yang diterbitkan Gramedia 🙂

Senyam-senyum membaca buku karya IIDN :)
Senyam-senyum membaca buku karya IIDN 🙂
Iklan

3 respons untuk ‘Susu Tanpa Gula Tambahan Pilihan Ibu Cerdas

Add yours

  1. sama bunda,anak sy umurnya 22bln minum anmum essential 3,sblm sy kenalkan anmum sy pk sufor lain tyt ga cocok,perutnya buncit,kembung,rewel kl malam.trs sy tanya ma tmn kebetulan seorang nutrisionis disebuah rs,trs dianjurkan pk susu yg tanpa gula tambahan ternyata cocok ga kembung lg,skg makan nasi dah doyan susunya pun banter kl yg kaleng 750gr paling hbs 10hr,kl 340gr cm 3-4hr.tp sy senang bs ksh yg tbaik bwt anak.terimakasih anmum

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: