5 Keistimewaan Bayi Kembar

Meski anda begitu bahagia bisa terpilih menjadi KELUARGA SIKEMBAR, namun anda akan menjalani hari-hari yang penuh susah-payah dibanding ibu bayi tunggal. Waktu akan terkuras banyak hanya untuk merawat bayi kembar anda, belum lagi, anda akan sulit mencari me time untuk sekedar bernafas dan memanjakan diri.

Tak ada lagi waktu luang untuk sekedar bermanja pada suami, begitupun suami, harus rela dimadu oleh sikembar. Terkadang, saat kebutuhan seks anda harus dipenuhi, anda sudah lebih dulu diselimuti rasa lelah dan tak punya gairah untuk menikmati “kencan” anda bersama suami.

Berfikir positif adalah salah satu cara agar anda tidak jenuh. Just enjoy, berusaha easy going dan apa adanya, bersyukur dengan anugerah langka tersebut, dan coba anda pikirkan betapa istimewanya bayi anda dibanding bayi lainnya. Jika bayi kembar anda sedemikian istimewanya, tentu saja, anda sebagai ibu, akan menjadi wanita istimewa pula. Apalagi, jika anak-anak anda kelak menjadi generasi keluarga yang membanggakan.

Beberapa keistimewaan bayi kembar yang akan membuat anda sedikit melupakan “beban berat” dan rasa lelah, diantaranya:

1. Pertumbuhan fisik yang lebih cepat. Ya, anda bahkan tak menyadari betapa cepatnya bayi anda merangkak kesana kemari sebelum masa normal. Anda juga akan surprised, melihat otot kaki dan dada bayi kembar yang lebih kuat dibanding bayi non-kembar πŸ™‚

Bayi kembar cenderung memiliki berat badan yang lebih sedikit dari bayi umumnya, namun itu menjadi sebuah keuntungan baginya. Secara alami, bayi kembar akan mengejar ketertinggalannya dan mengubahnya menjadi bayi yang gesit dan lincah. Gerakan-gerakan lebih aktif inilah yang akan mempengaruhi pertumbuhan fisiknya.

2. Perkembangan Komunikasi yang luar biasa. Pernahkah anda memperhatikan bagaimana pola komunikasi bayi kembar anda? Perhatikan, apa yang terjadi saat anda meninggalkan bayi kembar anda dengan kembarannya sendiri? Mereka bahkan menciptakan pola komunikasi personal yang unik, dan anehnya, mereka saling mengerti satu sama lain. Perhatikan pula bagaimana mereka berekspresi dengan geraka-gerakan tangan dan raut muka! Ya, mereka lebih ekspresif dan full of emoticons!

Meski komunikasi verbal mereka lebih lambat (biasanya 25 bulan, sdgkan bayi biasa hanya butuh 18 bulan), perkembangan emosional mereka ternyata lebih pesat. Penyebabnya, mereka selalu memiliki pasangan yang mereka butuhkan ketika sedang bersosialisasi dan beridentifikasi dengan sesuatu di sekitar mereka.

Bayi kembar akan dengan mudah mengeluarkan ekspresi keingintahuan dan ketakjubannya karena selalu ada kembarannya yang siap mendengarkan dan meresponnya. Mereka juga lebih cepat mendapatkan pengalaman emosi yang bervariasi karena adanya kompetensi tidak langsung di antara keduanya. Contohnya, perasaan cemburu, rasa keterikatan yang kuat, dan sebagainya.

3. Anda tak perlu pusing mencari teman bermain. Jika bayi kembar telah memasuki fase masa aktif, anda sudah bisa bernafas lega. Setidaknya, anda bisa membiarkan bayi anda bermain dengan bebas tanpa perlu menemaninya. Bayi kembar akan betah bermain dengan kembarannya.

Saya pribadi, jika harus bepergian keluar rumah tanpa suami, saya lebih memilih membiarkan bayi saya tinggal di rumah. Pertama: saya tak mungkin membawa kedua-duanya. Kedua: Kalau saya membawa satu diantara mereka, biasanya kembarannya akan sedih dan tidak mood sehingga malah merepotkan saya atau si Bapak yang tinggal di rumah. Suami saya bahkan dengan leluasa bisa mengetik tesisnya tanpa terganggu oleh sikembar yang asyik bermain satu sama lain.

4. Ada banyak orang yang mencintai anak anda. Bayi kembar selalu menjadi pusat perhatian, digemesin, dirindukan, dan dipuji orang banyak. Akan ada banyak orang yang berlomba-lomba mencium bayi anda, mengganti anda menggendongnya jika anda lelah, berfoto bersama keluarga sikembar anda, dan akan banyak orang yang memberinya hadiah. otomatis, anak anda tidak menjadi penakut pada orang asing, supel dan ramah, serta mudah bersosialisasi.

Tapi, anda harus memberikan pengawasan yang baik dan pengertian kepada anak anda sehingga ia terbiasa dengan hal tersebut dan tidak tumbuh menjadi anak yang sombong.

5. Anda tidak perlu berebut bayi. Hahah. Ya, tentu saja, anda boleh menggendong salah satunya, dan suami pun dengan yang satunya lagi. Anda dengan bebas memilih siapa yang akan menemani anda (dan bayangkan jika ia telah dewasa), dengan leluasa menciumnya tanpa perlu menunggu suami selesai memanjakannya, dan anda tak akan pernah kesepian oleh keramaian bayi kembar anda.

Mereka tertawa bersamaan. Menangis bersamaan. Anda bahkan menonton film kesukaan ramai-ramai πŸ˜€ Bahkan, jika mereka telah besar, anda akan merasa beruntung karena akan ada dua orang atau lebih yang kelak membantu pekerjaan rumah dan sehari-hari. Akan ada tukang pijit cute yang memijit pundak anda dan juga pundak suami.

So, be positive ya mom πŸ™‚

Iklan

34 respons untuk β€˜5 Keistimewaan Bayi Kembar’

Add yours

  1. Seneng rsanya klo baca tulisan d atas,tp sy msh khawtir tntang cara merawat bayi kembar karena
    Saya baru pertama kali melahirkan bayi kembar laki”,tp k2nya prematur
    saya ingin tw cara merawat mereka dengan bnr bgaimana???
    Bayi saya lahir pada umur k hamilan 29 minggu dgn berat 1,4 dan 1,3..
    Terima kasih..

    Suka

    1. rasa khawatir itu wajar mom, krn ini merupakan pengalaman pertama.
      tentang perawatan bayi kembar, silakan memilih KATEGORI yang ada di side bar , dstu ada kategori perawatan sikembar. klik lalu semua tulisan tentang pearwatan bayi kembar akan muncul^^

      Suka

  2. Whuaaaa Azka sama Ahda masuk berita. Wartawannya ternyata ibunya sendiri, hihii…

    Azka sama Ahda kalau ngobrolnya punya bahasa isyarat masing2, cuma manggut2 doank dah sama2 paham hehehe…

    Kalau soal rebutan, emang bener sich. Apalagi anak-anak el-Zeeda, suka banget rebutan mau gendong. Soalnya gemezin sich, bahkan saking gemeznya pengen nyubit aja, hahahaha…

    Kok kelebihannya cuma 5 May? Padahal ada lagi tuch, kalau beli’in bajunya harus seragam juga, tul khan? hehehe…

    Suka

    1. ini pasti Om Miftah
      hahhah
      wei, itu mah bukan kelebihan, itu malah kekurangan soalnya bikin bangkrut klo beli baju dua terus πŸ˜›

      Suka

  3. Alhamd.seneng dan plong mbaca artikelnya mbak maya jd terobati capek lelah ngurus kembar..anak2 dah 2,2th tp msh susah diajarin bicara..mrk lbh asyik pk bhs mrk sndiri..memang bner2 aktif dan byk ingn taunya..dimintai tolong ya ngerti,tp ya itu pas qt nyoba nyelipin kata untk mrk tirukan, g mrk hiraukan..trus solusinya gmn mbak..pusing nich jd bunda yg terus dtanyain orang2 dan mbahnya..kok bhasa kembar msh bhsa planet aja..makasi ya mbk..

    Suka

    1. wah, kaget juga, soalnya udah 2,2 tahun yaaa?
      mungkin sebaiknya anak kembarnya sekali-kali dipisahkan, biarkan yg satu main dgn org lain, dan yg satunya main dgn yg lain pula agar pengalaman bahasa mereka bertambah.

      Suka

  4. Dear Pak ,

    Saat ini istri saya sedang hamil untuk yang pertama kalinya dengan usia kehamilan sekitar 8 minggu, kehamilan ini pada awalnya diperkirakan kembar 2 (berdasarkan hasil USG) sekitar 2 minggu yang lalu (tanggal 15 November). Siang ini saya mendapatkan kabar yang mengagetkan, hasil pemeriksaan USG pagi ini ternyata janin yang terlihat di rahim istri ada 4. Jujur hal ini membuat kami kaget dan shock. Semua perasaan bercampur aduk, antara gembira dan cemas akan hal apa yang akan kami hadapi kedepannya.
    Untuk itu, saya mohon informasi dan sharing pengalaman, mungkin dari bapak atau dari keluarga muda lain yang pernah mengalami kondisi seperti ini dan bagaimana langkah-langkah tepat dan terbaik menghadapinya.
    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Robbi
    Email : robbi_geo99@yahoo.com , Robbi_Kurniawan@fmi.com
    Phone: 081347506202, 081266043477

    Suka

    1. wah, selamat utk bapak robbi dan keluarga:)

      beberapa tips dari kami: pertama, sebaiknya anda sdh menyiapkan baby sitter atau pembantu khusus untuk merawat bayi kembar anda. karena, dua bayi saja sdh sgt kewlahan, apalagi sampai 4 yaa hehhe

      kedua: rajinlah berdiskusi dgn istri dan keluarga besar anda ttg pengaturan waktu, rencana kerja setelah anda punya anak, dan hal2 lainnya

      ketiga: perbanyaklah membaca hal2 ttg bayi kembar, ato bertanya dgn dokter ahli pilihan anda.

      sekali lagi, selamat yaaa

      Suka

  5. SAYA JUGA PUNYA BAYI KEMBAR PRIA DAN WANITA, UMURNYA SEKARANG 14 BULAN,NGEMESIN BGT,KALAU YANG 1 SAKIT,BEBERAPA HARI KEMUDIAN YANG 1 LAGI IKUT SAKIT JUGA, REPOT JUGA YAH KLW BGNI,SEMUANYA SERBA REBUTAN MINTA DIGENDONG, (NGIRI),GIMANA YA CARANYA BIAR SIKECIL GAK CEMBURUAN?

    Suka

    1. heheh iya, betul bu. klo yg satu sakit, yg satunya pasti ikutan juga ato nyusul beberapa hari kemudian.

      klo cemburuan? hehe, itu wajar mom. yg terpenting, ibu jgn sampe membiarkan itu berlarut2. usahakan menggilir anak menggendong ato bepergian berdua. jangan sama si ade terus misalnya, jadi selang-seling aja.

      biasanya, klo dua2nya minta digendong sama saya, saya membiarkan mereka aja, soalnya gak bisa gendong dua2nya kan? hehehe

      Suka

  6. alhamdulilah dan semakin plonk rasanya membaca artikel anda. mlm ini saya baru periksakan istri ke dokter dan hasilnya mengagetkan,mengejutkan dan sungguh kita bersyukur karena baru ketahuan ternyata ada dua calon babynya.. , minta do’anya ya rekan semua semoga diberikan kesehatan , kesempurnaan, dan kelancaran pada kehamilan perdana isti ku, amin…
    Cilacap

    Suka

  7. Saya jg pnya bayi kmbr laki” umur 4bln…….cuape nya super duper tp law dah liat senyum nya si kmbr semua cuape ilang !!!

    Suka

  8. Umumnya bayi kembar lahirnya minggu ke berapa ya?trus biasanya beratnya masing2brapa?istriku hamil sudah 9bln 10minggu tp kok blm ada indikasi mau melahirkan,mohon pencerahannya.trims.

    Suka

  9. asalam..memang repot dan cape merawat bayi kembar,saya punya bayi kembar perempuan umur 1 setengah bulan,apalagi ini adalah anak pertama saya,sudah pasti repot dan masih belum mengerti cara ngurus bayi,maka sekarang hanya mengalir apa adanya,mungkin lewat artikel ini,saya bisa merawat bayi kembar saya dengan baik,trim’s

    Suka

    1. wslm. iya, kalo anak pertama, semuanya hrus dipelajari dari nol:)
      ttp sabar ya bunda. terima kasih atas kunjungannya ke blog ini

      Suka

  10. Assalammualaikum wr wb
    Thanks buat artikelnya…jadi terhibur dan semangat….saya juga punya bayi kembar laki-laki hanif dan haikal, alhamdulillah sekarang sudah 3 bulan…

    Suka

  11. Assalamualaikum
    saya punya ayi kembar umur 9 bulan..dia lincah tetapi memang agak lambar y perkembangan bayi tunggal dengan bayi yg kembar..karena unk umur 9 bulan dia blm bisa duduk sendiri..baru bisa bolak bali..malah klo di letakkan di gerobaknya malah sangat2 lincah..?apa mermang begituy perkembangan bayi kembar…?

    Suka

  12. Hai mom wah saya baru baca blog ini… senang ya rasanya punya anak kembar.. kok aku liat si kembar lahirnya do kairo ya??? Aku juga tinggal di luar negri mom. Tapi Sementara ini ada ibu mertua visit visa sampai 6 bulan, jadi kami sementara ini jaga si kembar bertiga sama suami n ibu mertua.

    Yg aku mau tanya, bisa ngga ya aku n suami ngurus si kembar, saat ibu mertua mertua uda pulang? Coz disini mahal sekali u sewa baby siter or pembantu. Thx mam sukses trus ya

    Suka

    1. insya Allah bs mom, kalo manajamen wktx baik, ga ada masalah. saya dulu tanpa bebi sitter tanpa ortu, cuma ada suami yg nemani. cpek pasti tp masa2 seperti itu cuma bentar. jd,enjoy aja;-)

      Suka

  13. nice article. like it! Twinnies-ku (2 baby girl) skrg dah 9 bulan & sedang aktif2nya. merangkak kesana kemari, ngoceh, rembetan… pyuuufff… seru. walau kadang cape n bete palagi kalau si kaka (5 th)jg lg bertingkah. Tapi amanah Allah harus di syukuri ya bun. Mudah2an bisa ngejalanin sebaik2nya. Browsing2 blog, n baca artikel spt di blog bunda, Alhamdulillah selalu dapat masukan yg bikin hati adem & ga ngerasa sendiri. Thanks much bun!

    Suka

  14. ya allah makasih ya sudah ngasih kepercayaan 2 anak kembar padaku semua temanku minta doanya ya semoga melahirkan lancar amin

    Suka

  15. Asslmkum Bun,,,
    skrng ini alhmdlh aku lagi hamil hamil 28 Minngu,,,stelah di Usg,,,dokter mengatakan ada 2 baby dlam perutku,,,,
    aduh,,,perasaan Campur aduk,,,,senang nya ada,,,tp rasa ketakutan nya pun ada,,,apalagi di keluarga ku gak ada yg memiliki anak kembar,,,,
    mohon saran nya yaa bun,,,,

    Suka

  16. saya punya anak kembar co dan ce usia 15 bln,memang dari lahir mereka beratnya berbeda,yg cewek 1,5kg dan yg cowok 2,5kg..sampai saat ini pun brat mrk jauh berbeda..ini anak pertama kami dan memank awal2 punya baby twins tu hrs ekstra tenaga,wkt,dan komunikasi yg baik dgn psangan..benar bgt mb.maya,,klo melihat perkembangan mrk cpt bgett..ga brasa skrg udh jalan..bagi mom n pap yg br mw punya baby twins slmt y mrasakan susah senangnya nanti..

    Suka

  17. Iya betul punya bayi kembar benar2 merepotkan dan melelahkan tapi menyenangkaaaan syekaliiii. Awal2 kelahiran sempat stress dan kena sedikit sindrom baby blues,kayak ga sedikit menghindar tapi yang pengin merawat. Alhamdulillah semua itu sudah terlewati. Waktu untuk diri sendiri dan juga ‘kencan’ untuk suami juga tertanggu hihi. Saat ini anak kembar saya Noura Nadzira dan Noura Assyifa berumur 7 bulan. Sayang perkembangan duduk dengan tegak dan merangkaknya belum maksimal. Masih tahap belajar. Pertumbuhannya terhambat karena merekan kena anemia. Saya periksakan ke DSA saat umur 6 bulan,kok Nadzira kurus,pucat? Setelah cek laborat benar,HB Nadzira 9,3 sedangkan Asysyifa 10. Agak terkejut juga kok gantian pertumbuhannya. Waktu lahir Nadzira 2,7 Kg, Asysyifa 2,0Kg.
    Pembelajaran untuk saya ke depan. Kembar anemia karena dulu saat hamil saya juga anemia,HB hanya 7,rendah sekali sampai2 harus transfusi darah habis 4 kantong. Saya baru ngeh dan ingat bahwa sejak gadis saya juga sering anemia. Harusnya saat hamil asupan Fe saya lebih banyak dari biasanya,apalagi hamil kembar.
    Terima kasih bunda info tentang tips merawat bayi kembar. ^_^

    Suka

  18. Salam, bagus sekali artikelnya kebetulan saya juga punya bayi kembar yang masih berusia 5 bulan mau 6 bulan. Mohon Ijin tulisannya saya share di blog saya dengan tentunya mencantumkan sumber ya…

    Terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: