Solusi Bagi Bayi Kembar Identik Berat Beda

Di posting seblumnya, saya sudah pernah membahas tentang bayi kembar identik dengan berat badan (BB) berbeda. Bagi yang belum baca, silakan lihat di sini. Saya tak menyangka jika ternyata kasus bayi kembar identik dengan berat badan berbeda cukup banyak. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa inbox pertanyaan dan tanggapan melalui fesbuk saya. Rata-rata, ibu bayi kembar identik tersebut, meminta tips dan solusi agar kedua bayinya bisa memiliki BB yang sama:)

Beruntung, saya juga pernah memiliki pengalaman tersebut. Meski sewaktu dilahirkan, BB azka-ahda sama-sama 2,5 kg, namun jelang usia 6 bulan, BB si Ade ternyata lebih berat 500 gram dari kakanya. Tak lama kemudian, BB si Kaka dapat menyusul BB si ade, dan hal ini terjadi kembali ketika keduanya menginjak usia 1 tahun 2 bulan (kalau gak salah ingat hehe).

Nah, dari sini, bisa disimpulkan, bahwa ibu tidak perlu risau dan khawatir berlebihan jika terjadi perbedaan berat menonjol di antara bayi kembar anda. Selama dalam masa pertumbuhan, anda masih punya banyak cara dan waktu agar kedua bayi anda dapat memiliki BB yang sama.

Beberapa hal yang bisa ibu lakukan, diantaranya:
1. Mengontrol BB bayi kembar anda. Jika perbedaan BB bayi sudah terlampau jauh (seperti beda 2 kg ke atas), maka anda perlu memberikan asupan gizi lebih besar kepada bayi yang beratnya lebih rendah. Anda bisa menambah volume makanan tambahan, susu, dan kuantitas ASI. Jika dulunya hanya setengah jam ASI, usahakan untuk menambah menjadi 45 menit. Atau jika ibu merasa kewalahan, berikan makanan tambahan lebih banyak seperti menambah porsi bubur dan buah untuk bayi yang beratnya lebih rendah.

2. Jika tips di atas sudah anda lakukan, namun belum terlihat perubahan berarti, jangan segan untuk memeriksakan bayi anda ke dokter. Boleh jadi, salah satu bayi anda mengidap penyakit tertentu yang menghalangi perkembangan berat badannya.

3. Belilah timbangan untuk mempermudah anda mengontrol perkembangan bayi. Atau, jika anda rutin mengikuti jadwal imunisasi, jangan lupa untuk selalu melihat perkembangan berat badan bayi anda. Terkadang karena terlalu antri, perawat pun bisa lupa untuk menimbang bayi anda setelah imunisasi.

4. Perhatikan gerak dan sikap bayi anda. Apakah bayi yang satu cenderung lebih aktif dan lincah, dibanding bayi yang satunya lagi? Gerakan dan keaktifan bayi juga memiliki pengaruh terhadap jumlah BB bayi kembar anda. Bayi kembar identik tidak selamanya memiliki keaktifan yang sama. Tak jarang, salah satunya terlihat pendiam, cool, hehe, lebih malas bergerak, dibanding kembarannya. Semakin banyak gerakan dan aktivitasnya, semakin banyak pula asupan makanan yang dibutuhkannya sebagai pengganti energi yang hilang:)

5. Mintalah saran dokter, jika anda berkeinginan memberikan vitamin penambah berat bagi bayi anda. Namun, pemberian vitamin tidak selamanya berakibat positif, tak sedikit malah bayi akan kecanduan vitamin sepanjang hidupnya. Cobalah mencari alternatif berupa vitamin alami dari daging, kacang-kacangan, dan jus buah yang banyak mengandung vitamin D untuk pertumbuhan tulang yang baik:)

Selamat mencoba ya! Ditunggu sharingnya:D

Iklan

23 respons untuk โ€˜Solusi Bagi Bayi Kembar Identik Berat Bedaโ€™

Add yours

  1. assalamu’alaikum wr wb…

    alhamdulillah bisa ketemu blog ini jadi saya bisa sedikit sharing dengan bunda – bunda si kembar. saya ingin tanya niy, bagaimana ya cara meningkatkan berat badan si kembar yang masih di dalam kandungan? karena janin kembar saya saat ini memiliki berat 1.3kg dan 1.6kg, sedangkan masa kandungan sudah 8bulan. saya sangat sedih dan khawatir dengan keadaan calon kembar saya ini.

    wassalam…

    Suka

    1. iya bu, jadi ibu gak usah khawatir dunk ya kan bedanya cuman dibelakang koma ๐Ÿ™‚

      yg satu 1,6 yg satunya 1,3 ๐Ÿ™‚

      makasih bu atas sharingnya^_^

      Suka

  2. alhamdulillah my twin baby boys pas lahir di 37weeks bb nya 1: 2702gr 2: 2602gr.. pas sebulan lgs naik 1,5kg! 1: 4,3kg 2: 4,2kg, padahal pas hari ke-4 bb mereka masing2 turun 200gr! skarang mereka 2bln, & alhamdulillah bb mereka naik 1,1kg & 1,2kg..bb mereka skarang sama, 5,4kg.. btw, yg punya blog sharing bb kembarnya donk dr br lahir..

    Suka

    1. waktu lahir, azka ahda beratnya sama-sama 2,5 kg. kemudian saya timbang pas usia sebulan, mereka selisih 500 gram. tapi lama-elamaan selisih beratnya menipis menjadi di bawah 500 gram.

      skrg, anak saya udah 2 tahun, tapi badan adiknya masih selalu terlihat lbh besar

      Suka

  3. putri kembarku dah mo 5 tahun….dulu lahirnya 2,3 dan 2,6..yang bb lahirnya lebih berat, nafsu makannya samape sekarang baek..tapi yang bbnya rendah harus banyak rayuan dan lamaa makannya, secara fisik kurang terlihat perbedaannya sekarang mungkin karena perbedaannya nda sampe 1 kg. mereka memiliki muka yang mirip sehingga kadang terkecoh juga, namun memiliki kepribadian, hobby yang berbeda.

    Suka

  4. senangnya bisa sharing dengan bunda2 yg sama memiliki anak kembar. anak kembar saya skrng sdh 3th waktu lahir bbnya 2kg sama 1,6kg sampai sekarang pun berat adiknya tetap lebih rendah. setiap kali ditimbang selalu saja selisih 1kg susah banget naikin bb si dd, kt dokter sih ga usah kuatir selama anaknya aktif dan lincah itu normal krn msh dlm masa pertumbuhan.

    Suka

  5. istri sy kecil dan kurus dulu berat badan 46.. skarang sedang mengandung 8 bulan 2 minggu anak kembar berat badan istri 52 tapi anak kembar kami 1,8 dan 1,9 sudah dari bulan 7 berat si kembar hanya naik 100gram saja. normal gak yah dan bisakah anak kembar lahir tanpa sesar?

    Suka

    1. hmm, sepertinya dgn kenaikan berat badan minimun seperti itu, maka kecil kemungkinan ia akan lahir dgn BB normal. tapi meski BB gak normal, kemungkinan lahir normal msh ada. keluarga saya ada yg begitu, tp ttp lahir normal tanpa cesar. sebaiknya, konsultasi ke dokter kndungan trdekat:)

      Suka

  6. saya hamil 13 minggu, kata dokter ..di rahim saya ada 2 janin sehat,..oh ya bunda..saya agak panik denger kabar itu krn secara psikologis kami tdk siap..krn di kedua keluarga kami tdk ada garis keturunan kembar..(mgkn sudah rejeki krn kami menanti anak sdh 2,5 th)..tp lama2 saya bisa menerima juga..
    cuman sy mohon bisa share ttg pengalaman hamil, serta bgmn agar tdk operasi ..sy takut sekali.. dan bgmn agar BB bayi tdk rendah2 amat..apa yg harus dikonsumsi..tks a lot

    Suka

    1. klik aja “kategori” di samping, pilih kategori “perawatan sikembar”, maka semua tips2nya akan muncul di sini. silakan dibaca:)

      Suka

  7. anak kembar saya skrg sdh berusia 1.3 bln. berat bdn si kakak 14.3 kg, adiknya 11.7 kg. lebih dari 2 kg bedanya, gmn ya caranya biar sama beratnya…adiknya makannya sama, cuma minum susu lbh sedikit dari kakak…padahal identik tp ga mirip jadinya alnya berat badannya beda jauh….

    Suka

  8. anak kembar saya skrg sdh berusia 1.3 bln. berat bdn si kakak 14.3 kg, adiknya 11.7 kg. lebih dari 2 kg bedanya, gmn ya caranya biar sama beratnyaโ€ฆadiknya makannya sama, cuma minum susu lbh sedikit dari kakakโ€ฆpadahal identik tp ga mirip jadinya alnya berat badannya beda jauhโ€ฆ.

    Suka

    1. memang rata2 bayi kembar itu tdk sama BBnya. anak saya pun demikian. selama anak masih normal BBnya, meski ga sama, menurut sy gak masalah bu:)

      Suka

  9. Alhmd senang banget bisa sharing bareng ibu2 yang punya twin baby. Allah swt menganugerahi kami twin baby boys. Lahir normal di usia 36w. Berat lahir 2600gr dan 2700gr… sekarang umur 2 bulan. BB mereka naik pesat, sekarang 5,7kg dan 5,8kg. Senang sekali melihat mereka dah mulai bisa diajak komunikasi. Setiap diajak ngomong selalu senyum dan ngoceh dengan bahasa yang hanya mereka yang paham. Subhanallah….Amazing. Buat bunda rika, aku share sedikit pengalaman waktu hamil RAYA_RAYI ya. Tiap hari konsumsi suplemen tambah darah dari bidan. Jangan sampe telat makan plus minum susu, gak perlu susu hamil gpp. Banyak istirahat. ga’ perlu jalan2 pagi coz itu malah memicu kontraksi. Kalo posisi janin bagus insy bisa lahir normal. Selamat Menikmati Kehamilan. Berarti bunda termasuk orang yang lulus seleksi buat menerima anugrah terindah…..

    Suka

  10. Salam kenal bunda..,
    Saat ini sy sedang hamil 24 weeks, Insya Allah twin sister. BB masing-masing selisih kurleb 70gr (baby-A 556gr, baby-B 487gr). Dokter blg selisih BB msh ok. Nah, sy pgn bgt lahiran normal lg spt lahiran anak pertama dulu. Dari usg terakhir, awal may lalu, posisi baby A kepala sudah di bawah sedangkan B masih melintang. Kira-kiranya dgn posisi spt itu apakah masih bisa lahir normal ya?

    Suka

  11. salam kenal bunda,,,,,
    saat ini saya sedang hamil ,kehamilan saya bru menginjak usia 8bln lebih,.,.
    namun saya kahwatir karna menurut hasil perkiran dokter bayi yang di kandung saya hanya memiliki selisih berat badan yang berbeda yang pertama 2390gr dan yang ke-2′ memiliki berat badan 2200gr apaka bayi kembar saya normal atau tidak dan apakah saya dapat melahirkan normal????

    Suka

    1. berat badan bayi normalx 2.5 kg bunda. makax sgt penting utk menyeimbgkan nutrisi slama kehamilan. kalo dibwh 2.5kg, nanti bayix diinkubator en ga bs dekat dulu sm mamax. kan kasian kalo gt

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: