Mengenal Lebih Jauh Teknologi USG

Tidak sedikit ibu hamil yang masih bersikap antipati terhadap perkembangan teknologi kedokteran:( Salah satunya, teknologi ultrasonografi atau ultra sound yang biasa dikenal dengan singkatan USG.

Sampai saat ini, belum ditemukan adanya efek samping bagi ibu hamil yang menjalani pemeriksaan USG. Berbeda dengan teknologi X-ray/sinar X yang menyebabkan efek negatif pada bayi oleh adanya pengaruh radiasi, USG hanya memakai perantara gelombang suara yang tidak membahayakan kesehatan bayi dan ibu:D

Pemeriksaan USG, sederhananya, dengan menempelkan sebuah alat yang disebut dengan transducer ke permukaan perut ibu hamil. Alat ini kemudian mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi yang akan menimbulkan reaksi pada bayi. Pantulan suara atau gema tersebut diterjemahkan oleh komputer dengan menghasilkan gambar-gambar dan perilaku janin anda.

Jika dulu, USG hanya menampilkan gambar hitam-putih yang lebih mirip dengan klise foto atau siluet, sekarang ini telah berkembang USG 4 dimensi. Dengan USG 4 dimensi, ibu hamil akan benar-benar menimati bentuk dan gambar janinnya seperti sedang menonton film. Bahkan, jantung bayi akan terlihat sangat jelas, berikut katup dan sekat-sekat jantung sekaligus lho! Hebat kan!

Nih, alat USG yang sudah memakai sistem 4 dimensi:

Namun, bisa dikatakan kalau USG 4 D ini masih terlalu mahal, di Mesir sendiri sekitar 200-300 pound. Meski demikian, ibu-ibu hamil tidak perlu berkecil hati, karena dengan USG 2 Dimensi pun sudah cukup untuk mengetahui kondisi janin:)

Lalu, apa saja manfaat yang kita bisa dapatkan melalui pemeriksaan USG? Wah, sangat banyak ibu-ibu 🙂 Beberapa di antaranya:

1. Mengukur badan janin agar tanggal persalinan bisa diperkirakan sejak
dini. Tentunya ibu-ibu sekalian tak mau melahirkan secara mendadak, kan? heheh. USG sangat membantu anda mengetahui berat badan bayi, apakah sudah di atas standar normal atau belum, diameter kepala untuk mennentukan apakah anda harus cesar atau tidak, dan seterusnya.

2. Melihat posisi janin dan tali plasenta. Misalnya, melihata apakah kepala bayi anda sudah berada di bawah, atau masih di atas? Apakah bayi anda sungsang atau sudah tidak? Dan apakah tali plasenta masih berfungsi dengan baik dan tidak membelit leher bayi misalnya?

3. Melihat jumlah janin. Wow, pasti akan sangat menyenangkan jika anda sudah dapat memastikan bayi anda kembar dua atau tiga dan seterusnya. Dengan USG, anda juga bisa mengetahui apakah bayi kembar anda laki-laki dan perempuan, atau berjenis kelamin sama?

4. Melihat cacat dan kelainan pada rahim ibu hamil. Ini sangat penting karena mengetahui cacat dan penyakit rahim anda sejak dini, akan membuat dokter dan anda pribadi mengantisipasinya sejak dini pula. Dokter akan memberitahukan jika terdapat kista atau hal-hal yang bisa menganggu jalannya persalinanan anda kelak.

5. Mengetahui volume air ketuban, sehingga jika terjadi hidramnion dan polyhidramnion atau kelebihan air ketuban, dokter dengan cepat akan menangani anda, sebelum hal tersebut membahayakan janin. Biasanya dokter akan menyarankan untuk diet garam atau menyedot sebagian air ketuban tersebut.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa ibu dapatkan dari USG tersebut. Ibu diharapkan bersikap interaktif dengan dokter, rajin bertanya tentang kondisi bayi dan rahim, bahkan jangan sungkan untuk meminta VCD atau rekaman dari USG anda 😀

Dulu, saya sempat membawa kamera poket saat USG untuk merekam gerakan bayi kembar saya di monitor lho! Selain sebagai dokumentasi, foto scan USG juga akan menjadi memori abadi anda bersama sang buah hati:)

Oh ya, ternyata USG bukan hanya memakai alat transducer yang ditempel di perut ibu. Ada juga sistem USG yang disebut transvaginal, yang dimasukkan ke permukaan vagina ibu hamil. Bahkan, sistem ini lebih akurat hasilnya dan anda tidak perlu khawatir karena sangat aman digunakan dan tidak sakit. Gambarnya seperti ini:

Nah, ibu-ibu sekalian, selamat berkenalan dengan janin anda melalui USG ya!

Iklan

2 respons untuk ‘Mengenal Lebih Jauh Teknologi USG

Add yours

  1. iya alhamdulillah kemarin baru ja di usg, ternyata hasil dr usg sekaligus bisa menenangkan saya kalo bayinya sehat, dan tidak terlalu khawatir sm si janin yaa,,,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: