8 TANDA KEHAMILAN KEMBAR

adapted from: artikel kompas

Meskipun tidak mengharapkan bayi kembar, Anda pasti tetap akan surprise jika mendadak dokter mengabarkan bahwa ada dua janin di dalam rahim Anda. Bayangan akan kelahiran anak yang sehat dan lucu-lucu, langsung dua orang, akan membuat para ibu begitu excited.

Jika Anda memang mengharapkan bayi kembar, karena ada keturunan kembar dalam keluarga Anda, tentu berita ini akan lebih membahagiakan. Anda bahkan tidak perlu mendapat konfirmasi dari dokter, bila Anda menemukan ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Intuisi wanita seringkali begitu kuat. Anda hanya merasakan begitu saja bahwa Anda  mungkin membawa dua janin dalam tubuh Anda. Beberapa ibu dari bayi kembar (dua atau lebih) mengatakan bahwa mereka tahu sejak awal bahwa mereka sedang menantikan kehadiran dua orang bayi. 

(kalo pengalaman saya, sama sekali gak pernah kepikiran punya bayi kembar, kirain isinya cuma satu. tapi lucunya, saya dan suami memang pernah bayangin punya bayi kembar. alhamdulillah ternyata dikabulkan)

2. Anda mengalami mual-muntah atau morning sickness yang lebih parah. Jika memang sedang hamil bayi kembar, kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih Anda mungkin juga meningkat. Hormon hCG diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Hormon ini bisa dideteksi melalui darah atau melalui urine (saat Anda ingin mengetahui kehamilan lewat test pack) bahkan sebelum menstruasi Anda berhenti. Dalam kehamilan tunggal, biasanya konsentrasi hCG meningkat cepat selama minggu pertama, dan menjadi ganda setiap dua atau tiga hari. Nah, kadar hCG ini bisa meningkat bila terjadi kehamilan kembar, dan membuat Anda mengalami morning sickness (atau all day sickness) lebih parah.

(wah, klo gejala ini, saya tidak sampe segitunya. mungkin semuanya ditentukan oleh karakter sang ibu. klo saya kan orgnya periang, humoris, jadi pas hamil gak pernah ngelamin mual, muntah, dll. semuanya berjalan biasa, kecuali kelelahan tentunya krn membawa 2 bayi itu berat bgttttt hehhe)

3. Gejala-gejala kehamilan normal lainnya kemungkinan juga lebih besar. Kebanyakan wanita (tidak semua) yang hamil bayi kembar memiliki gejala kehamilan yang lebih intens, disebabkan oleh hormon ekstra yang bersirkulasi melalui sistem mereka. Mungkin payudara Anda terasa lebih bengkak, lebih sering buang air kecil, lapar sepanjang waktu, dan cepat lelah. Dalam trimester kedua, Anda mungkin juga kesulitan menangkap nafas, kaki dan tangan membengkak (edema), penambahan berat badan dan pembesaran rahim yang tidak normal, serta gerakan janin yang kuat. Masalah anemia atau kekurangan zat besi (yang menurunkan hemoglobin) juga biasa terjadi pada kehamilan kembar.

(benar sekali! krn kembar, resikonya tentu dua kali lipat dr yg bayi tunggal. saya bahkan tiga kali atau empat kali klo gak salah harus tes darah. soalnya anemia saya parah sekali menurut dokter. selain itu, kaki saya juga bengkak krn saya tipe gak suka diam di rumah. jadi kalo jalan2, semua kaki rasanya pegal krn berat, ditambah sikembar juga ikut nendang2 terus. bayangin deh klo ditendang bersamaan 2 bayi sekaligus hahahha)

4. Pertambahan berat badan meningkat cepat pada trimester pertama, dan ini bisa menjadi petunjuk pertama bahwa Anda membawa lebih dari satu janin. Jika Anda menerapkan pola makan dengan baik, Anda tak perlu khawatir. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menekankan pentingnya penambahan berat badan di masa awal kehamilan kembar, karena penambahan di dua trimester pertama terbukti memiliki pengaruh yang lebih besar pada berat bayi lahir.

(tanda ini malah gak saya alami. berat badan saya tidak naik, karena sepertinya semua gizi dan nutrisi makanan lari ke bayi kembar saya. itu juga yg buat saya bersyukur karena tidak semua ibu hamil bisa mengalami hal seperti ini. tak jarang ibu hamil yg mengalami berat badan drastis, tapi ternyata janinnya ketika lahir beratnya di bawah rata-rata)

5. Ukuran Anda cukup besar untuk usia kehamilan. Pada pemeriksaan pertama mungkin Anda akan diberitahu bahwa rahim Anda akan terus membesar. Jika periode menstruasi Anda yang terakhir mengindikasikan kehamilan 8 minggu, rahim Anda mungkin terasa seperti sudah 10-12 minggu. Hal ini tentu harus dibuktikan dengan pemeriksaan USG. Begitu kehamilan berlanjut, jika Anda memang mengandung dua janin, ukuran rahim akan membesar mengikuti usia kehamilan secara konsisten. Rahim yang menyimpan satu janin mungkin akan mencapai 38 x 40 cm tingginya, diukur dari tulang pubik. Sedangkan kehamilan kembar mungkin akan mencapai 48 cm. 

(hahah…iya, masih ingat betapa besarnya perut saya dulu, apalgi tubuh saya yg mungil membuat perutnya begitu menonjol)


6. Anda akan mendapat informasi bahwa kadar AFP (alpha fetoprotein) Anda meningkat. Kadar AFP, protein yang dilepaskan oleh bayi ketika ia tumbuh dan ditemukan dalam darah ibu, dapat meningkat ketika ada lebih dari satu bayi. Normalnya tes darah secara sederhana akan diberikan 16-18 minggu sejak menstruasi Anda yang terakhir. Pemeriksaan alpha fetoprotein mendeteksi lebih dari separuh kehamilan kembar.

7. Dokter Anda dapat mendengarkan dua detak jantung. Dua detak jantung yang terpisah dapat dibuktikan sampai usia kehamilan 12 minggu. Pada sekitar usia 28 minggu, sangat mungkin untuk membedakan dua kepala janin dan beberapa bagian kecil ketika melakukan pemeriksaan USG.

8. Hasil pemeriksaan USG Anda positif. Jika Anda percaya bahwa Anda memang sedang hamil bayi kembar, USG dapat dilakukan sejak awal kehamilan. Dengan dokter yang ahli USG, dua embryo dan dua detak jantung janin yang kuat bahkan dapat dilihat 6 minggu sejak hari pertama menstruasi terakhir Anda. Banyak pula janin kembar yang sudah dapat didiagnosa sejak usia 5 minggu, ketika Anda baru terlambat mens satu minggu saja.

(tes USG waktu itu pas kehamilan saya berusia 3 bulan dan lgsung ketahuan kalo kelamin yg satunya laki-laki, tapi kelamin yg satunya lagi blm ketahuan sampe bulan berikutnya)

Iklan

55 respons untuk ‘8 TANDA KEHAMILAN KEMBAR

Add yours

  1. Saya hamil anak kembar tapi berat badan saya tidak mengalami kenaekan. Mala sekarang trus menurun 1 bulan lalu berat saya 44kg. Skarang 2 bulan turun 42kg. Sekarang kehamilan saya 3 bulan masing tetap sama 42kg 🙂

    Suka

    1. gak masalah bunda, selama msh diatas 40 kg atau BB yg ideal menurut dokter. yg terpenting bayi kembar bunda sehat2^^

      Suka

  2. halo..mau ikutan nih..saya udah melakukan test pack n ternyata hamil .mo tanya,pas di bulan ke 2,apa perut da terasa gede?terasa penuh n ukuran gede bgt…pas kehamilan gw yg pertama,perut gw ga segede ini lho..pas 5 bulan ke atas br kelihatan.soalnya badan gw mungil,tp skrg jd aneh,apa itu tanda anak kembar ya???jd bngung..blm USG nih..mohon infonya yach..makasih..

    Suka

    1. perut terlihat lebih besar atao lebih penuh di kehamilan kedua itu merupakan hal yang wajar, Bu. Mungkin disebabkan elestisitas perut dan rahim yang melebar setelah kelahiran anak pertama. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjadinya kehamilan kembar. Pengalaman saya, perut baru terlihat mencolok di bulan ke5 dan mmg terasa sangat penuh. Lebih baiknya Ibu USG saja agar lebih yakin dan siap 🙂

      Suka

      1. Kalau saya dari hamil 3bln kmrn sdh terasa sesak. Namun ketika di USG cm kliatan 1 janin. Pdhal dr awal sdh punya pemikiran kayaknya bayinya kmbr. Itu gmn ya? Dan dalam keluarg adabjg keturunan kembar

        Suka

      2. tetap mengacu ke hasil usg tentunya bun 🙂 rasa sesak memang biasa dialami ibu2 hamil baik yg hamil tunggal atau kembar

        Suka

  3. Aduh senengnya bs bc2 experience nya.. Ini aq lg hamil . Yg ke 3 siy, hamil pertama skitar sept 08 wkt itu kt dokternya janin nya ga bgs,jd lgsng d kuret,selain itu jg penDarahan. Trus hamil ke 2 sept 09, en mlahirkan Maret 10 kmrn tp babyku meninggal d kandungan,karena eklampsia..hiks hiks 😥 en stlh itu agsts 10 kmrn pake test pack,hamil lg.. Thanx God ,apalg wkt d USG trnyt ada 2 janin alias kembar 🙂 waaah seneng bgt.. En suami jd sgt care+extra protective.. Tp aku seneng koq.. En skrg udah 8 minggu,tp rasanya perut gede bgt.. Gampang laper, en smua makanan harus yg bebas kolestrol.. Tp ga pa pa deh.. I will do my best for my lovely twins.. Thanks yah… Doain ya temen2.. God Bless all 🙂

    Suka

  4. salam kenal bunda….

    boleh ikutan sharing yaa… hehe maklum para ibu2 ini slalu penasaran liat perkembangan s kecil…. wah ak jg lg hamil nie… anak yg ke tiga harusnya, bayi yg ke dua keguguran 7 bulan yg lalu… n alhamdulillah d ksh lg skarang… gini nih bunda ak baru 7 minggu skarang, tp ko berat badan dah naek 2 kg yaa huaa… lom ketauan kembar atau ndak… tp seru jg x ya kl kembar… haha pasti sibuk tp seneng… nanti kl dah agak gede baru ketauan ya singgle atau kembarnya…. apa ajah dech yg penting sehat n normal… amiiin

    salah kenal bunda nazwan

    Suka

  5. salam kenal mbak May 🙂
    wah anugerah yang luar biasa ya Allah mengkaruniai mba dan suami dengan Azka dan Ahda yang ganteng2.. semoga kelak menjadi putra2 yang dapat menjadi kebanggaan bagi orangtua, nusa bangsa, dan agama..

    btw, kalau boleh tau mba atau suami ada turunan kembar kah? saya baru nikah, dan pingin banget pnya anak kembar (cowo kl bisa), apa bisa diusahakan ya mba?

    Disukai oleh 1 orang

  6. saya sedang hamil 14 minggu saya dan suami saya yakin clu anak yang saya kandung hamil perut saya begitu penuh berat badan saya tiap bulanya naik pesat apakah saya memang hamil kembar ya???

    Suka

    1. utk mau lbh jelas,ibu USG aja biar lbh siap dan lbh tenang 🙂
      mslh perut berat dan penuh blm tentu krn kembar bu, boleh jd krn bayi anda besar atau cairan omnion anda lbh penuh

      Suka

  7. Salam kenal Mbak.

    Wah senengnya ya klo punya bayi kembar. AKu sekarang juga lagi hamil anak yang ke-2. Bulan April kemarin aku melahirkan (normal) anak yang pertama, tetapi meninggal di kandungan pada saat memasuki usia 7 bulan. Alhamdulillah, bulan agustus, aku udah postif hamil (1 bulan). sekarang memasuki bulan ke-3. tapi aku kok merasa perutku besar banget ya dilihat dari usia kandungannya. trus sering mual sampai muntah. kaki juga gampang bengkak, padahal semua itu tidak aku rasakan di kehamilan yang pertama. Apakah ada kemungkinan bayiku kembar ya? apalagi suamiku juga kembar.

    Suka

  8. saya lagi hamil 4 minggu, tapi perut saya lebih besar dari usia kehamilan, besarnya seperti hamil 10-12 minggu lebih. Apakah saya sedang hamil janin kembar ? Tapi hasil usg hanya ada 1 kantung kehamilan. Mohon penjelasan. Terimakasih

    Suka

  9. maaf ya..saya baru hamil 1bulan 2minggu,tp perut kelihatannya seperti 2bulan.bila pagi saja,mual,malam juga sihh mualnya bertambah-tambah…saya sering sakit di bahagian bawah perut..itu tanda hamil kembar ya mbak..?

    Suka

  10. Sy mengalami al.sperti yg di jelaskan diatas,apalagi ditambah suami sy jg kembar,tp ketika sy memeriksakan diri ke dokter hasilnya tetap negatif.apakah yg sy alami?apa sy hamil? Mohon penjelasannya.

    Suka

  11. assalamualaikum w,r. salam kenal. aduh bahagianya yang di anugrahi anak kembar. saya juga sedang mengharapkan bayi kembar . apa kah berpengaru buat kehamilan saya yang 4 kali karna ke hamilan saya yang pertama normal dan lahirpun alhamdulilah normal dan sekarang udah umur 15 tahun dan ke hamilan yang ke 2dan 3 itu semua gugur semoga kehamilan yang ke empat ini normal semoga doa ku di mekkah setiap minggu di kakbah di kabulkan dan di karuniai anak kembar terima kasih. semoga si kecil anda selalu dalam lindungnnya amin.

    Suka

  12. Assalamu’alaikum, saat ini saya hamil 7 bulan, dengan 2 janin perempuan dirahim saya, syukurnya tidak terkira, senang sekali rasanya, di awal kehamilan waktu itu saya usg saat usia kehamilan 7 minggu dan 3 bulan, dokter tidak mengatakan apa2, pas kehamilan 5 bulan, barulah dari dokter yang berbeda saya mengetahui bahwa saya hamil kembar, katanya hal itu bisa terjadi karena kurangnya ketelitian dari dokter yang memeriksa, namun dari gejala yang ada saya yakin bahwa saya hamil kembar, alhamdulillah, semoga allah memberi kesehatan kepada kedua putri kecilku …amiiiin

    Suka

  13. ​​​♡¸¸*ĩÿå*¸¸♡ lho bunda… Sya juga kagett waktu usia kehamilan 12minggu usg ternyata janin saya kembar…padahal ʼnƍƍɑªĸ da keturunan kembar lho…
    Hiperemesis pasti,lebih cepet lelah, n harus bnyak istrhat
    Tapi subhanalloh اَللّهُ akan mengatur sgalana dg sangat indah bunda…
    🙂

    Suka

  14. ia nie…nama saya yeni…stelah saya baca baca artikel yang ibu berikan,,mmg banyak kesamaan dengan yang saya alami,
    dulu pas saya positif hamil,saya usg dan katanya kemungkinan kembar 2..tiap bulan saya kontrol dan ternyata hasilnya mmg positif kembar tpi teman2 gda yg mgthui JK n BB nya..
    pas memasukin usia kandungan 9 bulan,sy kntrol ulang n kebtulan dokter obg bru ada…jd saya kntrol(usg),saya blg kluhan saya bhw sy sering sesak..dia cek n lgsung kaget n mengatakan kpd kami bhw ternyata saya itu hamil kembar 3,dsitu saya dan suami keringat dingin n gtau mau bilang apapun.
    Puji Tuhanlah,tshun 2011 mereka lahir dgn msg msg BB 2,15 . 2,4 . 2,7. (2 cew n 1 cow) .sekarang sudah gde…
    oiya,semua keluarga kami tanya baik itu dari pihak saya n suami,kami sama sama tidak ada keturunan.

    Suka

  15. waahhhhh ibu yenni pasti bahagia sekali yah, tau kembar 2 aja udah seneng bgd dengernya apalagi kembar 3 surprise bgd deh pastinya, gak bisa ngebayangin senengnya deh kalo aku bisa hamil kembar juga…mudah-mudahan deh yah…. amiennnnnn…..

    Suka

  16. Aslmkm,,, bunda, maaf ni sya boleh gabung kn? Sya sedang hamil 5 bln, tpi knpa y perut sya terasa besar bgt, jdi sya minta info’y. Maklum kehamilan pertama.

    Suka

  17. Jika diketahui kehamilan kembar harus kontrol rutin dengan dokter yang khusus menangani kehamilan kembar, sebab kehamilan kembar sangat beresiko seperti prematur dan berat bayi yang kurang ketika dilahirkan sehingga angka kematian bayi kembar cukup tinggi sebelum bayi mencapai usia satu tahun

    Suka

    1. Bener bgt bunda. dulu saya rajin kontrol krn khawatir hehe, pdhl kata dokter selama bayinya di perut msh gerak2, kontrol per tri semester udah cukup 🙂

      Suka

  18. Haduh lucunya punya debay kembar, bacanya sambil ngelus perut sy, sy baru hamil 10 mingguan bun tp perutnya udah besar mungkin dinding perutnya tebal X ya.. hihihi
    ga sabar deh buat USG lagi..
    Kemarin sy USG waktu hamil 6 minggu bun

    Salam kenal ya mom’s

    Suka

  19. Hamil sy yg pertama masih 3 bln seperti hamil 6 bln bunda,sy fkr kmbr.rupay tunggal.dan ini sy lg hamil yg ke 2 udh 3 bln tp blm nampak hamily bunda.sy pengen bgt dpt baby kembar.

    Suka

  20. Bund saya hamil anak ke 2 dan usia kehamilan saya sudah 7 minggu.tp perut saya sudah terlihat besar bahkan tetangga saya banyak yg bilang klo saya keliru ngitung padahal jelas” akhir desember saya mens.apa kemungkinan saya hamil kembar ya? Dan prasaan saya spt itu.trimakasih bunda

    Disukai oleh 1 orang

  21. Ya Allah senengnya punya bayi kembar…kepengen banget aku …anak2 ku jg kpgn bgt punya adhek kembar…skr aku sdg hamil 10minggu kt pembantuku perut ku kok terlihat besar spt sdh 4bln gitu, pdhl dr ke 8 kehamilan ku tdk pernah spt ini…smg saja kembar dan sehat2 semuanya…terakhir di usg debay nya msh mungil (8minggu) jd belom keliatan mgk ya kembar/tidak…semoga kembar….smg kembar…aamiin

    Suka

  22. Pengen donk punya bayi kembar hehe

    Lagi hamil muda nih aku usiakandunganku baru satu bulan lebih.

    Semoga sehat slalu ya nak di rahim bnda .amin

    Suka

  23. masyaAllah.. alhamdulillah… seneng bngt ya bun klw punya bayi kembar, mau sharing nih aku ada keturunan kembar yaitu ayah kandung ku sendiri sma saudara kembarnya yaitu paman ku, do’ain ya bun moga2 Allah kasi dede kembar, jdi skali pnya anak langsung dua.. Hhe
    .. aamiin yaa Allah 🙂

    Suka

  24. siang bunda ,, kemaren saya usg dan saya lagi hamil 5 minggu dan pas usg dokternya bilang saya hamil kembar tpi janin nya besar kecil ,, janin yg 1 berusia 5 minggu yg 1 lagi masih kecil .. trus dokternya bilang takut nya janin yg 1 lagi ngga berkembang ,, saya jadi sedih ,, yang jadi pertanyaan saya .. apakah normal bayi kembar itu ukurannya nya atau umur nya berbeda ?? mohon infonya ya bun.. thx

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: