Bagaimana Menyusui Bayi Kembar Anda?

Tidak sedikit ibu-ibu yang bersikukuh untuk memberikan ASI ekslusif bagi bayi kembar mereka. Tak heran memang, karena komposisi gizi dalam ASI tidak akan ditemui dalam makanan pengganti lain untuk mendukung proses pembentukan kecerdasan dan fisik sang buah hati. Selain itu, proses menyusui dapat menciptakan ikatan emosional yang erat antara ibu dan bayi kembarnya.

Sering terjadi  keluarga yang baru mendapatkan bayi kembar merasa bingung jika harus menyusui bayinya. selain hal tersebut merupakan pengalaman pertama dalam keluarganya, boleh jadi karena sang ibu tidak memperoleh informasi yang cukup bagaimana posisi menyusui bayi kembar yang benar, apalagi jika harus bersamaan.

Ketika menyusui dalam keadaan duduk, usahakan ibu mendapat posisi senyaman mungkin, rileks, tidak terlalu membungkuk atau tegang. Ibu dapat menyediakan bantal panjang khusus untuk menyangga bayi dan bantal lain untuk sandaran duduk. Mintalah bantuan dari anggota keluarga lainnya untuk membantu memposisikan bayi secara benar

Berikut ini beberapa contoh posisi menyusui bayi kembar secara bersamaan:

posisi 11.  Kepala bayi keduanya sejajar berada di depan dada ibu.  sanggalah kepala bayi dengan bantal. kaki bayi berada di bawah ketiak, lurus ke belakang. jika anda merasa terlalu membungkuk, ambillah beberapa bantal lagi dan letakkan di bawah kedua paha ibu sehingga posisi agak naik.

posisi ini adalah posisi yang paling banayak dipraktikkan karena memberi keleluasaan bagi ibu sehingga jika telah mahir dan terbiasa, ibu bahkan bisa saja membaca atau mengelus sang buah hati secara bebas.

posisi 2

2.  Posisi kebalikan dari yang pertama. ibu seakan menggendong kedua bayi karena seluruh anggota tubuh bayi berada sepenuhnya diatas pangkuan ibu. sanggalah tangan ibu dengan bantal agar tidak terlalu terbebani berat badan bayi.

umumnya, posisi bayi yang satu lebih ditinggikan dari posisi bayi lainnya agar ibu merasa nyaman menyusui.

posisi 3

3.  Posisi silang. bayi pertama berada sepenuhnya dalam pangkuan ibu sedangkan   bayi  kedua, kedua kakinya berada diluar dengan posisi telentang hanya kepala yang menghadap ke dada ibu.

Agar kepala bayi kedua tidak menindih badan saudaranya, sanggahlah dengan bantal sehingga tidak mengenai badan saudaranya secara langsung. jika ibu merasa khawatir kaki bayi akan keram karena tertindih kepala bayi yang berada di atasnya, masukkan tangan ibu ke bawah kepala bayi dan angkat sedikit sesuai yang dibutuhkan. posisi ini dianjurkan untuk bayi yg lehernya sudah agak kuat.

posisi 4

4.  Posisi berdampingan. bayi pertama posisinya sama dengan bayi pertama pada posisi ke 3 diatas. bedanya, bayi kedua diletakkan berdampingan dengan perut bayi pertama. tangan ibu menyanggah kepala bayi sehingga tidak menindih langsung bagian tubuh bayi lainnya. taruhlah bantal secukupnya di bawah kepala bayi pertama agar posisinya lebih tinggi dan membuat ibu tetap nyaman menyusui 🙂

Iklan

7 respons untuk ‘Bagaimana Menyusui Bayi Kembar Anda?

Add yours

  1. wah senangnya punya bayi kembar, punya pengalaman baru dalam hal menyusui. Alhamdulillah saya sedang hamil anak ke 2&3 (kembar) insyaAllah..:) infonya sgt membantu, thanx a lot..:)

    Suka

  2. Seru+menyenangkan bgt punx baby kembar..
    Thx to Allah,moga baby ku bs jd ank soleh yg bs jd k banggan org tua serta org” d sekitarnya..
    Amin..

    Suka

  3. awal rawat gabung di RS,saya menyusui secara bergantian. Wuah… pengalaman yang membuat saya stess, karena bay kembar terus saja menangis. Bayi belum kenyang menyusu sudah diambil,diganti bayi yang lain. maklum, posisi saya harus berbaring karena melahirkan secara cessar. Setelah pulang ke rumah, barulah saya menemukan cara nenyusui kedua bayi kembar secara bersamaan yang nyaman menurut saya. Bayi 1 didekap dengan tangan kiri, menyusu pada payudara kiri. Sedangkan bayi 2 diletakkan di atas bantal yang ketinggiannya hampir sejajar dengan payudara sebelah kanan. Posisi saya duduk di atas tempat tidur bersandar pada bantal. Menyusui secara bersamaan benar2 moment yang sangat mengasyikkan. ^_^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: